Coz Everything is Nothing Without Control



Mengutip kalimat favorit dari salah satu dosen saya, seperti judul note ini:
"Everything is nothing without control" 
Ibarat sebuah plant  pada sistem control loop tertutup , yang mempunyai input dan output, dengan segala macam disturbance nya, ketika kita menginginkan suatu plant dengan output tertentu, namun ternyata gak sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka kita membutuhkan kontroller utk dapat mengendalikan sistem tsb dengan memanipulasi sinyal error disturbance , sehingga didapatkan respon sistem (output) sama dengan yang kita inginkan (input). Umumnya output yang kita inginkan yaitu output yg selalu stabil. Ketika kita dapati output yang dihasilkan plant gag stabil, maka di feedback, di input lagi ke controller sehingga eror yg terjadi dapat diminimalisir atau bahkan di hilangkan, sehingga diperoleh output yg selalu stabil.


Foto by Arbi Kaca


Sama hal nya dengan manusia. Kita bisa memposisikan diri kita sebagai sebuah plant. Sering kali kita mengalami disturbance, maka untuk menormalkan kembali plant tersebut,  kita harus mempunyai kontroller (dalam hal ini bagi umat Islam yaitu Al-Quran) sebagai pedoman, sebagai manual book untuk dapat menghasilkan output yang selalu stabil. 

Ya,, -coz everything is nothing without control- karena segala sesuatunya bukan apa-apa tanpa adanya kontrol.
Bayangkan aja, jika manusia tanpa kontrol?? Dunia ini pasti akan kacau balau. Intinya kita harus selalu mengkontrol diri kita sehingga kita selalu stabil (baca istiqomah)  berada di jalan-Nya yang benar.

-note ini terinspirasi ketika kuliah Sistem Kontrol Cerdas dgn dosen pengampu Pak Aris-


***
-old note, 06.05.12-

Komentar