Hidup Itu..


Hidup -lahir dan besar- di sebuah pulau kecil di ujung Sulawesi Tenggara, mengajarkan banyak hal, bahwa hidup itu ga usah muluk2, hidup itu apa adanya saja, hidup itu gag usah dibikin susah, hidup itu gag usah banyak permintaan, bahwa Allah telah menyiapkan alam-Nya dengan lengkap, telah menciptakan alam-Nya dengan luar biasa sempurna :)

Dari pulau kecil itu lah, sy banyak belajar, belajar banyak hal, dari kedua orangtua yg luar biasa -kesabaran bapak, jg kepandaian mama dalam memasak-

Ketika kecil dulu waktu TK, selepas pulang sekolah, mesti langsung maen ke laut, naik perahu, mancing ikan, nyari kerang, bersama tmen2,, ahaha.. lucuuu bgt :)
Mesti tiap hari begituu terus, lalu tiap hari sabtu, namanya hari kue. Jadi hari sabtu itu kami semua wajib bawa kue, kemudian kuenya dimakan bersama-sama dalam kelas,, hehe :)

Yang paling asyik waktu SD, setiap kenaikan kelas, selalu ada tradisi sakral dimana para orangtua datang -untuk mendengar langsung hasil belajar anaknya dari para guru- Jadi murid2 yg dapat peringkat dipanggil satu2 disuruh maju didepan, orgtuanya jg disuruh maju di depan ngedampingin anaknya, trus terimaamplop dari kepala sekolah. Merupakan ajang bergengsi deh.. hehehe :)

juga dihari sakral itu enaknya bisa makan gizi. Iya, makan gizi, jadi kalo uda kenaikan kelas itu para murid di masakin sm mamanya masakan ter-enak yg jaraaang bgt di masak kalo hari2 biasa, hehe :)
Kalo mama biasanya masakin nasi kuning, telor mata sapi dikasih kecap, sama mie goreng, terus minumnya teh anget di botol Aqua :) Selalu saja setiap tahun selalu begitu, namun sy selalu senang dan tdk pernah terbersit rasa bosan, sebab kapan lagi bisa makan makanan enak seperti itu kalo gag saat kenaikan kelas, hehe :)
Trus biasanya ada anak yg gag bawa bekal, nah nanti disitu para guru ngumpulin sebagian makanan tiap anak trus di kasihin ke anak2 yg gag bawa bekal. Sesudah itu rame2 ke laut, makan bekal yg udah dibawa tadi disana, sambil mandi2, naik perahu, hehe :)

Yang paling gokil lagi waktu SD, kalo mau berangkat ke sekolah, dan ketika hujan, bapak dengan sigap mengambil pisau kemudian ke belakang rumah, mencari pohon pisang, lalu memotong daun pisang yg paling lebar, yg nantinya di jadi'in payung utk berangkat ke sekolah.. :)

Sgt suka sm moment2 ini, hujan2, brangkat ke sekolah brg temen2, pake payung daun pisang, lari2an di becek, hehe :)

Ketika SMP dan SMA pun demikian, ketika berangkat dan pulang sekolah jalan kaki bareng2, walaupun sekolahnya jauuuh.. tp itu gag jd masalah dan malah menyenangkan :)

Bisa ngobrol brg temen2 sepanjang perjalanan pulang, bisa ngeliatin laut, perahu, awan, banyak deh.. :)

Gag terbayang skrang berada jauuh dr pulau tersebut, namun banyak hal yg telah sy lewati itu memberikan banyak pelajaran.. jg hikmah. Jadi lebih tau apa kesukaan dan hobi sy, bahwa sy hobi tidur.. yaapp.. ahaha.. gag ding, hehe :)

Bahwa hidup itu utk ibadah, yaudah dijalanin aja, gag usa banyak permintaan duniawi, jgn sampe jadi materialistis.

Hidup apa adanya aja, kalo ada makanan yg itu aja, yauda yg itu aja, gag usa pengennya ini, harus ini. Pengennya itu harus itu. Kalo mau ke kampus gag ada angkot, yauda jalan kaki saja, gag usa banyak mengeluh, kalo lebaran disuruh gag usah pulang, yauda gag usah pulang aja, gag usah banyak protes, gag usah banyak mengeluh.
Semua pasti ada hikmahnya, bahwa alam lah dan kehidupan sederhana di pulau kecil itu yg telah membentuk sy seperti ini.

Semangaatt..!!! :)

 ***

-old note, 19.08.12-

Komentar