Tipe Manusia #1 Si Tukang Mengeluh!


Ada lho.. Tipe manusia yang tiap hari kerjanya mengeluh mulu. Adaaa!!

Tiap hari kerjanya hanya mengeluh, mengeluh, mengeluh. Mulai dari bangun sampai dia tidur kembali, mengeluuuhhh terus. Sampe bikin orang-orang yang ada disekitarnya bosan ngedengerinnya.


Padahal kadang-kadang yang dikeluhin itu tuh hal yang sepele aja lho, misal nih ya lagi ada yang lagi ngebersihin kamar mandi, sendal-sendalnya juga lg mau dicuci'in, eh tiba-tiba aja Si Tukang Mengeluh ini datang, mau pake sendal tapi sisa yg ukurannya kecil. Udah deh, langsung mengeluh, bla bla bla..la la la... Enggak inisiatif bantuin gitu, parah bgt! Yg ada malah mengeluh la la la.. ckckck -_-
Belum lagi mengeluh-mengeluh yg lainnya, hadeh.. Serasa dia lah orang yg paling menderita di muka bumi ini, ckck..





Nah, tips dan trik buat kamu-kamu nih kalo yg kebetulan punya temen yg tipe manusia #1 kayak gini,,
Kalo aku sih biasanya ngehadapin Si Tukang Mengeluh ini dengan tidak terlalu merespon apa yang dia keluhin. Bodo amat deh! Anggap aja angin lalu. Abis, nyebelin bgt, tak ada satu haripun dilewati tanpa mengeluh.
Kalo di ladenin, pasti bakalan dikeluarin lagi keluhan-keluhan yang lain. Enggak bakalan habis keluhan-keluhan. Seperti sudah tertanam saja dalam hati. Astaghfirullah..

Padahal Allah SWT sudah secara TEGAS dan JELAS berfirman :
"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"

Bahkan berulang-ulang, dalam surat Ar-Rahman. 
Nah! Jadi buat apa sih tiap hari mengeluh. Manusia yang sukanya mengeluh ini biasanya kurang bahkan mungkin jarang bersyukur. Bersyukur nya kalo lagi dapat rezeki yang kelihatan aja, misal dapat HP baru,  dapat mobil, dsb, yang bentuk nya fisik. 

Padahal tiap hari, tiap menit, tiap detik, bahkan tiap sepersekian, sepersekian dan beribu sepersekian detik nya lagi, Allah SWT telah ngasih nikmat yg berlebih-lebih, tanpa kita minta, dan mungkin tanpa kita sadari.

Mulai dari bangun tidur, gimana kalo tiba-tiba aja enggak bangun lagi?? hayyoo..!
Bangun tidur itu merupakan nikmat yg sgt luar biasa lho! Trusan nikmat bernapas, nikmat melihat, mendengar, berjalan, menikmati kesegaran udara, dsb.. Kalo di rinci-rinci, dan dihitung-hitung, enggak bakalan bisa deh, sebab nikmat Allah SWT tuh banyak bgt, gak bisa dihitung.


Jadi, hati-hati. Jangan mudah mengeluh. Selalu lah muhasabah diri.

Jadi, sudahkah hari ini kita bersyukur???
 ***
*Note ini terutama untuk diri saya pribadi. Juga teman-teman agar gak mudah mengeluh! Juga tau tips dan trik menghadapi manusia Si Tukang Mengeluh ini. Good Luck! :D



Komentar