Relawan Merapi Tak Pernah Ingkar Janji

Ini cerita 3 tahun silam, tepatnya Desember 2010. Waktu itu gunung Merapi meletus dan menyebabkan banyak pengungsian dimana-mana. Saya bersama kawan-kawan Elektro berinisiatif ke lokasi pengungsian yang terletak di Boyolali, Jawa Tengah, dekat sama gunung Merapi. Tujuan kami kesana yaitu untuk mendistribusikan logistik yang telah dipercayakan oleh beberapa pihak kepada kami.

Jadi lah kami kesana dengan menggunakan mobil yang dipinjam dari jurusan Teknik Elektro, dan beberapa kawan yang lain menggunakan sepeda motor.
Setibanya disana kami disambut dengan hujan abu vulkanik. Langsung saja kami memakai masker.

Kegiatan kami selama disana yaitu membantu mendistribusikan logistik ke pengungsi, memasak buat para pengungsi yang jumlahnya ribuan, dll. Jumlah pengungsi sama jumlah relawan berbanding terbalik, cuma 3 hari di sana tapi kami sungguh kewalahan dan capek. Tapi perasaan itu hilang ketika melihat para pengungsi bisa tidur dengan lelap ditengah-tengah ketakutan akan gunung merapi yang sewaktu-waktu bisa meletus lagi, ditengah-tengah keputus-asa’an akan rumah dan hewan ternak juga pekerjaan yang ditinggalkan. Otomatis mereka (para pengungsi) gak punya sesuatu apapun yang dibawa kecuali baju yang melekat dibadan. Sungguh miris melihatnya. Jleb bgt!!

Sudah 3 tahun yang lalu, dan terasa kangen bgt sama Boyolali :')
Bener-bener pengalaman yang tak terlupakan bisa jadi relawan merapi. Sampe di fb ada grup nya, namanya grup Relawan Merapi Tak Pernah Ingkar Janji, grup nya para relawan Merapi Boyolali.
Sekarang para pengungsi itu, apa kabar ya?? Semoga sudah bisa kembali bangkit lagi, aamiin.

Berikut beberapa dokumentasi selama di Boyolali.

 gunung Merapi meletus mengeluarkan abu vulkanik


sungai didekat gunung merapi yang menjadi kering karena dipenuhi oleh abu vulkanik 


 para relawan yang lagi masak buat para pengungsi


 saya yang lagi mencatat barang2 masuk dan keluar


bersama kawan2 Elektro juga relawan yang lain

Komentar

Posting Komentar