Cerita dari Kampung Inggris

Jadi ceritanya dua minggu yang lalu saya ke Pare, demi memperbaiki Bahasa Inggris saya yang bad bgt. Dulu-dulunya belum ngeh kalo ternyata Bahasa Inggris saya jelek pake bgt. Ngehnya pas ikutan job interview, dimana proses interviewnya berlangsung pake bahasa inggris, ckck. Sontak aja saya langsung shock, speechless, gugup, jawabnya terbata-bata, memalukan bgt sumpah! Jadilah agar hal itu tidak terulang lagi, saya berangkat ke kampung Inggris, Pare :D

Di Pare, saya mengambil tempat kursus di TEST-English SchoolSelama dua minggu disana bikin ketagihan bgt, pengen nya bisa berada lama disana. Soalnya di Pare kondisinya kondusif bgt untuk speaking in English. Awalnya sih saya malu-malu, rada aneh gitu kalo mau ngomong pake Bahasa inggris. Tapi ternyata eh ternyata, orang yang ngomong pake Bahasa Indonesia tuh disana malah aneh lho. Serius!

Everywhere, everytime, every person always speaking in English. Di asrama, di tempat kursus, di warung makan, lagi sepeda’an, di masjid, di warnet, semua ngobrolnya pake Bahasa inggris. Waw bgt! Jadilah mau gak mau saya juga wajib membiasakan diri untuk speaking in English, dan ini beneran membantu bgt, serius!

Ohiya, tentang TEST-English School, ini tempat yang bener-bener bikin saya betah bgt di Pare, serius! Programnya, suasana kelasnya, tutor-tutornya, temen-temennya, semua asik dan seru-seru bgt! Waktu di TEST itu, saya ngambil program summer camp yang cuma dua minggu. Enggak bisa lama, soalnya bulan April buat persiapan wisuda. Dan setelah selesai program dua minggu itu, saya merasa sayang bgt cuma ngambil dua minggu. Mestinya ngambil yang 2-3 bulan. 

Oke, mungkin pada penasaran ya programnya apa aja? hehe :p Jadi program summer camp yang saya ambil itu ada 6 kelas sehari, mulai dari senin -  sabtu. Minggu libur. Kegiatan dimulai dari jam 05.30 wib - 22.00 wib. Ada kelas memorizing, conversation, drilling, writing, speaking, dan multimedia class. 

Tiap kelas seru-seru lho. Menurutku yang paling seru itu kelas conversation, dimana di minggu terakhir student di wajibkan untuk Around Pare setiap hari, sepeda’an, nyari partner buat bikin video conversation gitu. Seru, karena bisa jalan-jalan bareng sama temen-temen kelas. Ohiya, satu kelas itu studentnya gak banyak kog, paling cuma belasan *kemaren saya cuma 9* jadi kondisinya bener-bener kondusif, sama tutornya studentnya bener-bener diperhati'in perkembangannya setiap hari dan biasanya selalu dikasih advice, apa yang kurang-kurang dan apa yang perlu dikembangkan.

Selama Around Pare itu, banyak kisah yang saya dapatkan. Waktu itu saya conversation sama orang asli Timor Leste lho, waw bgt! Ada lagi temen saya conversation sama orang Thailand. Beragam alasan mereka datang ke Pare, ada yang disuruh sama profesornya, orangtuanya, ada yang buat persiapan melanjutkan study S1, S2, S3, tapi rata-rata buat go to abroad. Lama study mereka di Pare pun enggak sebentar *kayak saya, jangan ditiru*, rata-rata mereka 4-7 bulan, waw bgt! Hal ini bener-bener membuka pikiran saya, mereka bener-bener niat bgt, serius, sungguh-sungguh dalam menggapai dream mereka *beda bgt sama saya, tepok jidat*

Pemandangan di Pare tuh selain sehari-harinya menggunakan Bahasa Inggris juga kondisi belajar yang kondusif. Kalo di Pare, orang gak belajar *macam saya* itu pemandangan super aneh bgt. Serius! Di Pare, setiap orang mesti megang buku mulu, belajar, entah reading atau belajar writing, atau ngerjain tugas. Semuanya belajar. Gila! Gila yang keren!!

Sebenernya masih banyak lagi kisah saya selama dua minggu disana, tentang kegiatan di kelas lainnya sama kegiatan bikin video parody gitu. Tapi mungkin nanti-nanti aja lagi di share, hehe :D

Cuma dua minggu disana tapi berasa sudah bertahun-tahun, soalnya tempatnya enak, bikin betah, bikin kerasan, bener-bener membuka mata dan pikiran kalo dunia itu tuh ternyata luas bgt, enggak cuma Sultra sama Semarang doang, *miris -_-"

Belajar banyak hal, bukan hanya tentang Bahasa Inggris, tapi juga tentang cita-cita yang harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh, tentang survival, seleksi alam, tentang berani keluar dari zona ketidaknyamanan, tentang belajar dan terus belajar hingga akhir hayat.


I really hope, someday, I can go back in there again, aamiin.

Komentar

Posting Komentar