Bubur santan buatan ina

Biasanya kalo malam hari saya tidak makan, maka keesokan pagi harinya saya selalu sarapan bubur. Kalo didaratan jawa namanya bubur ayam. Bubur tanpa santan yang disajikan dengan suwiran ayam, daun bawang, kacang kedelai, bawang goreng, dan kuah opor atau apalah itu yang saya juga kurang paham, ahaha..

Waktu pertama-tama beli, kacang kedelainya serasa mengganggu, jadilah besoknya kalo beli bubur ayam lagi selalu dipesan tanpa kacang kedelai. 
Besoknya lagi, ngerasa daun bawang nya malah ngebuat bubur nya jadi pahit, jadilah pesan buburnya tanpa daun bawang.
Besoknya lagi, ngerasa kuahnya rasanya aneh, terlalu berlemak, jadilah pesan buburnya gak pake kuah.
Ahaha... jadilah bubur ayam yang biasa saya pesan cuma bubur, plus suwiran ayam, plus bawang goreng doang :D

Mungkin karena lidahnya masih kangen sama bubur santan buatan ina, haha... Fyi, Ina itu sebutan dalam bahasa Buton nya untuk nenek. Waktu masih kecil, dari lahir hingga berumur 4 tahun, saya sekeluarga masih tinggal dirumah ina. Setiap pagi ina selalu masak bubur santan, sederhana saja. Bubur yang dimasak dengan santan kelapa, dan terakhir dikasih topping paruhan telur rebus. Rasanya enak bgt, juga sederhana. Seperti bahagia yang sederhana. Sesederhana lepas subuh ina sudah sibuk masak-masak didapur menggunakan tungku kayu api, mengupas kelapa, memeras parutan kelapa menjadi santan, hhaaa... kangen masa-masa itu :')

Nah, biasanya kalo kangen begitu pas jaman kuliah, saya biasanya memasak bubur sendiri pake ricecooker, dicampur santan yang udah jadi dapat beli dari supermarket, ahaha.. nice bgt kan! :D

Komentar