Kehidupan pas kerja

Tahu gak sih, kehidupan ketika kerja itu bener-bener teratur bgt, beda kayak kehidupan waktu jaman kuliah. Kehidupan saat kerja bener-bener terjadwal dengan baik, gak ada lagi yang namanya habis subuh terus tidur lagi. Saya pribadi, waktu habis subuh selalu dimanfaatkan dengan beres-beres, nyuci pakaian, nyetrika, buang sampah, dll. Sengaja, biar gak kebawa ngantuk lagi, sebab jam 07.30 wib sudah harus berangkat ke kantor, jadi kalo tidur lagi takutnya kebablasan, haha :D

Tahu gak sih, ternyata bekerja menjadi seorang Electrical Engineer itu gak gampang lho. Yang kata temen-temen atau senior waktu jaman kuliah, saat kerja paling cuma 10 % ilmunya yang kepake, sisanya tentang sikap dan mental, makanya ospek di Elektro tuh keras bgt. Ah, itu mah bo'ong bgt. Ya, bisa jadi juga sih, kalo yang kerjanya di Bank. Kalo kerjanya sesuai dengan disiplin ilmu mah kepake bgt tauk ilmunya!
Nah, ini lah yang sekarang saya rasakan. Emang waktu daftar kerja pun klasifikasinya sesuai, electrical engineer, tetapi ternyata pas kerja, mayoritas equipment electrical nya menggunakan electrical arus kuat semua, hanya PLC doang yang sesuai dengan basic ilmu saya. Arus kuat nya seperti motor-motor listrik, instalasi, jaringan distribusi, waaa... ini mah mata kuliahnya temen-temen arus kuat waktu jaman kuliah ~.~

Tahu gak sih, diawal-awal kerja saya penuh dengan ke-stres-an. Mungkin itu juga kali yak yang dialami oleh orang-orang yang baru kerja *nyari temen, haha :D
Semua itu gegara ilmu saya yang masih cupu bgt, timbul penyesalan dulu waktu jaman kuliah kenapa gak ngambil arus kuat aja, atau kenapa saat praktikum arus kuat males-malesan saja, teori sekedar teori tapi gak di pahamin. Kenapa dulu kemakan omongan senior kalo kerjanya tuh paling ilmunya cuma 10 % saja yang kepake, hhaa... Tapi alhamdulillah, semua itu akhirnya terlewati juga. Diawal-awal kerja dipenuhi dengan banyak belajar, minta materi-materi kuliah temen-temen arus kuat, nanya-nanya temen, dan... belajar itu diteruskan hingga saat ini, bedanya sekarang sudah lumayan bisa sendiri, beradaptasi.

Tahu gak sih, walaupun jadi seorang Electrical Engineer, tapi ketika kerja, saya juga belajar tentang mesin, tentang sipil, industri dan juga arsitek. Ya mungkin ini gegara ada kata Engineer nya sesudah Electrical, jadi seperti dianggap mampu segala sesuatu yang berbau Engineer Engineer, Zzzz... Jadinya saya mesti belajar mendesign, belajar baca gambar, dan analisis. Waaa... jujur ini challenge bgt sih sebenernya. Apalagi kerja di perusahaan swasta yang selalu dinamis, mesti ada saja project yang dibangun biar profit tiap tahun meningkat terus. *Se-ma-ngat!

Tahu gak sih, menjadi anak baru, Management Trainee pula, bener-bener dah.. mirip kayak jaman kuliah, yang anak baru selalu di tuntut untuk kompak, untuk meningkatkan skill dan kompetensi, evaluasi langsung dari General Manager tiap bulan, menerima segala macam training dari Direktur Utama maupun pembicara-pembicara terkenal Indonesia, dikasih tugas-tugas, disuruh menulis dan analisis masalah, disuruh presentasi, dan semua itu gak main-main, sebab ending nya selalu bermuara langsung ke Direktur Utama. 

Tahu gak sih, waktu pertama masuk, saya lumayan terheran-heran, kog kami yang masih anak baru, belum pengangkatan pula jadi pegawai tetap, tapi hubungan kerja'an nya sudah langsung ke atas-atas. Saya pernah dapat tugas bertemu dengan Direksi induk perusahaan, pernah berkorespondensi dengan manager marketing dari perusahaan-perusahaan besar macam ABB, Siemens, dll, waahh.. ini para bos kantor berasa kami tuh sudah mampu, berkompetensi, dan aman untuk ngelakuin tugas besar kayak gitu kali ya, padahal maahhh -_-"

Ya begitulah, kehidupan pas kerja itu.
Apapun itu, tetap harus disyukuri. Alhamdulillah...


Fighting!!!

Komentar