Tawar-menawar

Beberapa kali sering nemenin temen belanja di mall-mall yang tokonya bisa nawar, atau kadang-kadang di toko kelontong gitu. Dalam transaksi jual belinya, si temen dengan teganya nawar harga jauh bgt, sambil si pemilik toko dirayu-rayu, bilang kan dia sdh beli banyak, atau kan saya sudah langganan, dll. Duh!
Padahal cuma beda 5 ribu perak. Mukanya si penjual udah kesal, sambil nahan emosi gitu, namun tetep dengan eksperesi santun, bilang tolong tambah lagi 5 ribu ya. Tapi si temen gak mau kalah. Hingga akhirnya si penjual iya'in aja, biar cepet kayaknya deh. Duh!

Saya cuma gak habis pikir, kog tega bgt si temen ini, malah saya yg jadi sedih, huhu.. kadang saya suka omelin si temen, jangan nawar berlebihan, nyakitin perasaan si penjual, kasian. Tapi si temen tetep aja gak mau tau.

Sebab saya termasuk orang-orang yang, bukan gak bisa nawar, tapi piye ngono lho..
Dalam belanja, sebaiknya perhatikan juga etika, menawar dengan wajar, jangan sampai menyakiti hati penjual, jual beli nya jadi gak sah nanti, sebab salah satunya masih merasa gak ikhlas.
Kalau saya biasanya belanja, langsung nanya ini harga pas nya berapa, kalo cocok langsung dibayar, kalo dirasa masih mahal yaudah gak usah dibeli. Gitu aja kog repot ~,~

Komentar