Tentang Cilegon

Satu tahun empat bulan sudah stay di Cilegon, yang entah sampai kapan, saya gak berani menebak, hehe... dan.. hmm.. sudah lama juga ya ternyata, lumayan.

Tentang Cilegon, ah ya.. sepertinya saya belum tahu terlalu banyak, hanya sebagian kecil seperti, ternyata di Cilegon itu full of mosque, gak ada gereja di Cilegon, tiap sepertiga malam mesti adzan buat bangunin orang-orang qiyamul lail, lepas magrib atau isya biasanya dari corong-corong masjid ramai orang-orang shalawatan atau khataman Al Quran. Ya, di Cilegon, islam nya kental bgt, bahkan kantor tempat saya bekerja pun begitu, bekerjasama dengan MUI untuk progran CSR nya, tiap selasa pengajian, tiap 3 bulan khataman Al Quran 30juz bagi karyawan-karyawan nya, shalat berjamaah tepat waktu,dll.

Kalo denger-denger cerita orang sih, jadi sejarahnya memang Cilegon jaman dulu merupakan tanah pesantren, berhektar-hektar. Karena wilayah Cilegon strategis bgt buat dijadiin tempat industri, datar, dekat dengan laut dan ibukota, lalu ada investor masuk pengen gunain sebagian tanah pesantren itu buat bikin industri baja. Sama para kiyai nya boleh, tapi dengan syarat yaitu, gak boleh ada gereja, trus kantor-kantornya harus bekerjasama dengan MUI, membuat sistem kantor yang full of Islami, waa..

Cilegon kadang disebut sebagai Kota Baja, karena industri baja nya yang banyak bgt, yang diprakarsai oleh PT. Krakatau Steel sebagai pionir nya. Cilegon juga dikenal dengan Kota Lurus, karena jalan besarnya cuma 1, ujung ujungan, Anyer-Merak. Jadi kalo kamu kesasar, paling jauh kalo gak ke Anyer, ya ke Merak. Tapi saya ya tetep aja suka nyasar, apalagi kalo sudah masuk kawasan industri, jalannya banyak sih :p

Kalo di Cilegon, tempat wisata terkenalnya yaitu Pantai Anyer. Kalo lagi liburan panjang, jalanan menuju pantai anyer macet parah dipenuhi mobil-mobil plat B, hehe.. wajar sih ya, ke Cilegon tinggal lewat tol aja dari Jakarta, jadi lumayan dekat sekitar 3 jam nyampe.

Dulu waktu jaman kuliah tahun 2013, saya bersama teman seangkatan pernah melakukan kunjungan industri ke PT.Krakatau Steel. Itu pertama kalinya saya menginjakkan kaki di tanah Banten, Cilegon. Lalu ke pantai Anyer juga. Sepanjang perjalanan ke pantai Anyer, macam wisata industri, sebab melewati banyak pabrik, kebanyakan pabrik kimia, semen, lengkap dengan silo-silo besar dan conveyor yang berkilo-kilo panjangnya. 
Waktu itu pernah terbersit dalam hati, "Bagaimana seandainya kerja di Cilegon sini yak?", dan eh ternyata kejadian yak, lepas kuliah saya beneran keterima kerja disalah satu perusahaan swasta, anak perusahaan dari PT.Krakatau Steel, wah!
Saya selalu percaya kalo hal-hal yang kepikiran dalam alam bawah sadar itu, dengan cara yang ajaib bgt mesti suka kejadian, atau bersinggungan dengan jalan hidup kita. Makanya, saya suka sekali mengamat-amati lingkungan dimana tempat saya berada, haha :)

Jadi begitu lah, sekilas info tentang Cilegon *CMIIW :D

Komentar