Gunung Gede 2958 mdpl part 2

Jadi ini lanjutan dari cerita sebelumnya, cerita ke Gunung Gede yang bikin baper bgt *halah
Well, untuk bisa ke Gunung Gede ini, kami mengambil jalur yang berbeda saat naik dan turunnya. Naiknya via jalur gunung putri yang bener-bener mendaki bgt, ngelewatin hutan rindang gitu, naik, naik, naiiiikkk terus, haha.. pokoknya setiap kali ngeliat ke atas itu, dalam hati, ini kog gak selesai-selesai ya tanjakannya, jadi jalan 5 langkah istrahat 5 menit, jalan 5 langkah istrahat 5 menit, begitu terus, nyampe di camp surya kencana. Syukurnya udara dingin bgt, jadi bikin gak mau istrahat lama-lama, pokoknya jalan terus, bergerak terus, biar gak kedinginan, haha..

Sepanjang perjalanan banyak pendaki juga. Ini pertama kalinya naik gunung ketemu banyak pendaki. Sebelum-sebelumnya nya mah kayak ke merbabu dan ungaran dulu, cuma rombonganku saja yang ada, gak ada pendaki-pendaki lain dalam jumlah banyak bgt, jadi gunung itu berasa privat bgt, hehe...
Maka sepanjang perjalanan itu, saya gak khawatir ketinggalan rombongan, malah kebanyakan saya jalan sendiri, jalan duluan, jadi biar bisa istrahatnya gak mesti ditungguin sama yang lain, kan rada gak enak gitu yak, hehe..  trus sepanjang jalan itu ramai pendaki lain yang juga naik, sama-sama capek, dll. Pemandangan pendaki keluarga, bapak dan anaknya, pendaki mancanegara, pendaki yang di gendong oleh pendaki lain karena capek, atau pendaki yang duduk kedinginan menggigil gak kuat, atau para trail run yang malah asik lari-lari dengan tas kecil mereka (ini bikin iri bgt), dll, menjadi pemandangan yang baru saya liat. Banyak renungan dan inspirasi deh.

Enaknya di gunung Gede ini, di setiap pos resmi dan pos bayangan, bahkan dipuncak, ada yang buka lapak jualan gitu deh, ahaha.. jadi jangan takut kekurangan makan atau air. Di lapak ini kita bisa ngopi-ngopi dulu, nge-mie dulu, makan gorengan dulu, mewah kan! Malah ada yang jualan nasi uduk lho dipuncak, ahaha.. ada-ada saja. Ini warga gunung gedenya kreatif bgt yaaa.. salut! 

Total perjalanan naik via jalur gunung putri ini 6 jam nyampe camp surya kencana. Pas nyampe camp ini, sudah lumayan banyak juga tenda para pendaki yang lain. Di camp surya kencana ini, kalo saya bilang sih ini mah padang edelweiss, banyaaakk bgt bunga edelweiss nya.. sukaa deh :)

Besok paginya baru berangkat ke puncak gunung Gede, lama perjalanan 1.5 jam. Di atas itu ada kawah belerang gitu deh, juga banyak kabut. Untuk turunnya via jalur Cibodas. Ini jalannya landai, dan panjang bgt, haha.. total perjalanan turun 5,5 jam, cuma beda setengah jam doang sama naiknya yak, hehe... tapi enaknya via jalur cibodas ini banyak pemandangan bagus, air terjun, air panas, banyak air sungai, telaga biru, jembatan layang, penuh dengan suara-suara air gitu, diperjalanan juga licin ada air-airnya gitu.

Pokoknya, semuanya seru! Walaupun nyampe kosan, badan pegel, kaki pegel, dan besoknya langsung ngantor pula, tapi hati senang bgt. Alhamdulillah :')

Biar lebih mantep, ini dia penampakannya!

warga gunung gede yang lagi sibuk buka lapak di puncak gunung gede 2958 mdpl, waw!

view dari surya kencana

view sunrise dari surya kencana

padang edelweiss surya kencana

padang edelweiss surya kencana

persiapan mau naik ke puncak

pumcak gunung gede 2958 mdpl, yeeyy!
air terjun via jalur cibodas
ngelewatin air panas yang beneran panas, pinggirnya jurang pula, bener-bener harus hati2!

Puncak gunung gede, hati-hati tergelincir ke dalam kawah yaa
kata temen, ini namanya Cantigi

kawah belerang di puncak gunung gede

terimakasih bgt buat kaki yg selalu setia dan mau diajak kemana-mana :")




Komentar

  1. pendek sekali, ga sesuai ekspektasi. hihii
    ga ada cantigi?
    jadi pengen ndaki?

    BalasHapus
  2. ahaha.. abisnya cuma itu yang kepikiran :p

    cantigi itu apa ya? kayak pernah denger, kayak pohon gitu tp ditengah tanah lapang ya? hmm..

    BalasHapus
  3. pohon yang pucuknya merah itu.. biasanya selang-seling sama edelweis.

    BalasHapus
  4. oalah, itu gambarnya baru aku upload, yang itu ndak'an?

    BalasHapus
  5. wah, lagi berbunga ya? keren! pupus daunnya yang warna merah, sama buahnya yang sudah hitam, bisa dimakan lho kalo doyan. sepet-sepet gimana gitu, rasanya.

    BalasHapus
  6. iya tah? wah.. ini anak2 malah gada yg tau lho, aku jg gak tau, ahaha.. itu iseng foto, karna bunganya bagus :)

    BalasHapus
  7. eh, naik gede pakai sandal boleh, ya?

    BalasHapus
  8. gak boleh, ahaha.. nah itu kan aku udah terlanjur pake sendal, terus bayar 10rb gitu deh sama bikin surat pernyataan gitu, isinya kalo terjadi apa2 pihak gede nya gak bertanggungjawaba..

    BalasHapus
  9. ahahaa.. dasar. tapi murah juga cuma bayar 10ribu. trus kok bisa dadakan sih? bukannya harus booking jauh-jauh hari ya?

    BalasHapus
  10. nah itu dia, biaya masuknya jadi 3 kali lipat karna dadakan :p jadi 90rb, mayan lah.. hehe...

    BalasHapus
  11. owh, gitu.. mahalnya.. ga ada sistem quota berarti?

    BalasHapus
  12. ada juga sistem kuota, nah makanya itu kita dikasih mahal, karna dadakan dan kuota udah penuh jg deh.. hehe..

    BalasHapus
  13. Penasaran sm yg buka lapak di sana... tiap hari berarti mendaki segitu jauh yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi mereka mah nyantai gak pake ngos2an naiknya, haha..

      Hapus

Posting Komentar