Belajar Tawadhu dari Penduduk Badui

Februari 2015 tahun lalu, saya berkesempatan berkunjung ke tempat tinggalnya orang-orang Badui, di gunung daerah Lebak, Banten, ikutan open trip gitu bareng temen kantor. Waktu itu lagi musim hujan yang deras bgt. Jadilah sesampainya di kaki gunung, tracking nya dimulai dengan licin-licinan, syukurnya pake sendal gunung jadi tetep tahan gitu, alhamdulillah nya gak sampe terpelincir gitu.
Waktu berangkat hujan-hujanan nyampe aliran sungai hutannya banjir dengan arus yang lumayan, jadi harus hati-hati bgt.
Pas bulan Februari itu, ternyata pas orang-orang Badui nya lebaran gitu, namanya Seba Badui, menurut kepercayaan mereka sendiri. Suku Badui sendiri terdiri dari 2, suku Badui Dalam dan suku Badui Luar. Kalo di suku Badui Luar sudah agak modern, boleh kemana-mana naik kendaraan, boleh pake listrik, boleh pake deterjen, boleh sekolah, boleh foto-foto atau video, dll. Kalo di suku Badui Dalam bener-bener tradisional bgt, gak boleh pake kendaraan, kemana-mana jalan kaki gak boleh pake sendal, gak boleh pake detergen, shampo, sabun, gak boleh foto-foto, video, gak boleh pake lampu, pokoknya bener-bener menyatu dengan alam deh.

Kegiatan ini 2 hari lamanya, berangkat Sabtu pulang Minggu. Nginap di rumah suku Badui Dalam. 
Yang paling berkesan, pas malam kunang-kunang nya banyaaakk bgt, apalagi kan gak ada lampu, jadi keliatan bgt kelap kelip lampunya. Mungkin karena ini desanya alami bgt, jadi desa Badui Dalam tuh bener-bener bikin hati adem, damai, dan tenang. No gadget, no tivi, dll. 
Pas malam nya berdiskusi dengan tetua adat suku Badui, bertanya banyak hal, yang mesti panjang bgt kalo ditulisin disini.

Pokoknya ke Badui itu perjalanan paling seru, belajar banyak hal dari orang-orang Badui Dalam yang selalu tersenyum, ramah, baik hati, tawadhu bgt deh. Dari percakapan-percakapan sepanjang perjalanan, banyak belajar, dari kesederhanaan hidup mereka, selalu bersahabat dengan alam, pantangan-pantangan mereka demi menjaga alam, pokoknya banyak deh. Walaupun mungkin kita yang ngeliatnya, kok kayaknya hidup mereka kasian bgt ya, jauh dari mana-mana, gak melek teknologi pula, tapi sejatinya mereka itu bahagiaaa bgt, hidup tanpa beban, waah.. 
Biar gak penasaran, coba aja maen ke sana, hehe :D *kompor

Oke, ini dia penampakan selama disana. Cekidot!

Rombongan ngetrip wisata budaya badui

foto bersama temen-temen badui dalam

rumah suku badui luar

bambu-bambuuu

anak suku badui dalam, jadi guide sekalian jadi porter

tarik napas dulu sebelum lanjut jalan lagi, hehe..

view menuju suku badui dalam

banjir, harus ekstra hati-hati

walaupun hujam-hujanan tapi tetep harus eksis, haha..

rumah suku badui luar

anak-anak suku badui luar, sudah boleh pake baju biasa, kalo suku badui dalam hanya boleh pake baju hitam atau putih

ibu-ibu suku badui luar, lengkap dengan sarung khas batik badui

Komentar