Bapak dan Angkot Tua-nya

Suatu ketika bapak bertanya kepada saya, bilang, kira-kira kalo sudah lulus SMA mau bagaimana? apakah mau melanjutkan kuliah atau bagaimana?, saya yang pengumuman SMA saja belum tau (waktu itu baru kelar ujian nasional) jadi bingung sendiri. Soalnya selama ini ya cuma mengikuti apa yang saya suka, dengan tetap dalam lingkaran bapak dan mamak, mulai dari belajar ipa, masuk jurusan ipa saat SMA, dll. Tapi sebenernya ada satu lingkaran yang saya buat sendiri, yaitu daftar bebas tes sekolah ngambil jurusan Teknik Elektro UNDIP. Daftarnya pun tanpa bilang orangtua, hehe... Soalnya beliau-beliau pengen bgt saya masuk kedokteran. Sampai sempat duduk bersama, dinasehatin bagusnya jadi dokter itu apa, bisa membantu orang, terutama orang-orang yang kurang mampu, dll, tapi saya nya cuma diam-diam saja. Soalnya bagaimana bisa jadi dokter, lha wong sama darah dan jarum suntik saja takutnya setengahmati, intinya tidak bisa sekali liat yang sadis-sadis, maklum hati hello kitty :D
Back to the topic, pas bapak tanya begitu, kira-kira kalo sudah lulus SMA mau bagaimana, dan karena saya nya yang masih bingung, bapak melanjutkan, bilang, sebab kalo memang saya mau lanjut kuliah nanti mobil angkotnya mau dijual 1 buat biaya kuliah *deg!

Waktu jaman saya masih SD, bapak memang membeli 2 mobil angkot. Bermanfaat sekali, sebab pada jaman itu mobil angkot masih bisa dihitung dengan jari ada di kabupaten. Orang-orang kesusahan kalo harus ke kota yang jaraknya 72km, terutama orang-orang yang berdagang, sedangkan keperluan semua ada disana, mulai dari bank, toko-toko besar grosiran, pelabuhan, dll. Jadilah sangat berguna sekali mobil angkot bapak ini. Kadang-kadang saat sabtu-minggu, atau saat bulan puasa saat anak sekolah libur sekolah yang otomatis juga bapak libur mengajar, bapak suka sekali menggantikan sopir kontrakannya, mobil angkotnya di sopirin sendiri. Kadang-kadang juga saya suka ikut menemani bapak kalo lagi jadi sopir, nemenin ke kota, soalnya lumayan, jarang-jarang bisa ke kota, ahaha.. padahal tidak ada juga yang dibeli, tapi itu sudah cukup bikin hati senang liat-liat pemandangan lain dikota selain dikabupaten :p

Maka bersejarah sekali mobil angkot bapak ini. Dan karena saya bilang saya mau lanjut kuliah, jadilah mobil angkot bapak yang penuh kenangan ini dijual tapi cuma satu unit. Kasian juga sama sopirnya harus berhenti satu. 
Sampai sekarang, masih ada mobil angkot bapak satunya lagi, satu-satunya dirumah. Selalu dicuci tiap sore. Masih selalu suka disopirin sendiri kalo sopirnya lagi sakit. 

Waktu bapak datang ke Jawa, dan saya ajakin ke mall buat beli baju-baju bagus, bapak bilang, mau cari baju yang nyaman dipake buat narik angkot, saya langsung ketawa, ahaha :D 
Memang diantara sopir-sopir angkot yang lain, bapak ini penampilannya paling oke, selalu pake kemeja, sama celana panjang, atau kadang-kadang juga pake celana pendek tapi yang sytlish gitu, ahaha :D

Banyak cerita penuh kenangan di mobil angkot tua bapak yang dijual itu, terutama ya saat-saat menemani bapak jadi sopir. Kalo ditengah jalan saat pulang dari kota, yang otomatis sudah tidak ada penumpang, terus bapak ngeliat para ina dan ama kebun lengkap dengan keranjangnya dikepala, peralatan berkebun, dan hasil berkebunnya, sambil asik makan sirih (orangtua-orangtua yang berkebun jauh masuk di hutan), pasti langsung disuruh ikut naik mobil angkot. Sepanjang jalan suka diajakin ngobrol menggunakan bahasa daerah, sebab para ina dan ama ini tidak terlalu lancar bahasa Indonesia. Pas mereka mau bayaran, bapak bilang cia-cia, artinya tidak, tidak usah. Akhirnya sebagai gantinya, bapak dibagi'in hasil kebunnya, biasanya jagung, ketela, ubi kayu, yang ini semua enak bgt deh pas nyampe rumah dimasak. Mungkin karena asli dari kebun ya, ahaha.. mantap!

Yaa.. begitulah cerita bapak dan angkot tua-nya, yang gara-gara jual angkot kesayangannya, anaknya ini bisa lulus kuliah dengan baik dan mendapatkan pekerjaan yang baik pula. Hiks..hiks.. Terimakasih bapak :" :" :"


Komentar