Pulang Kampung 2016

Alhamdulillah, lebaran Idul Fitri 2016 ini bisa berkumpul bersama keluarga, lengkap pula, kami lima bersaudara, plus bapak dan mamak. Dalam 9 tahun lebaran-lebaran Idul Fitri kemarin, belum pernah komplit lima bersaudara, kadang saya tidak pulang, atau kakak saya yang tidak pulang, atau pernah adik nomor 3 saya yang tidak pulang, biasanya karena biaya, atau karena lagi kerja praktek dan libur cuma seminggu, dll.
Maka lebaran Idul Fitri 2016 sungguh sangat menyenangkan, kami bisa berkumpul complete, alhamdulillah..

Pas pulangkampung kemaren pun, saya cuma di rumah saja, tidur-nonton-tidur-nonton, ahaha.. kalo misal mau beli-beli, selalu minta tolong si bungsu untuk beli-in. Mungkin karena gemes ngeliat anaknya yang tidak ada kerjaan di rumah, mamak bilang. "coba kamu keluar juga dan nak, di rumah terus ee", saya cuma ketawa-ketawa saja, hehe..
Tiap hari di rumah itu selalu bahagia, ketawa, ngegoda'in adik-adik, ngobrol sama bapak, sama mamak. Pernah lagi mamak bilang, "mau nya mamak ini tinggal goyang-goyang kaki saja di rumah, karena sudah adami kamu dengan adik perempuanmu yang memasak, beres-beres rumah", ahaha.. emang sih, sepanjang di rumah, mamak yang selalu memasak, saya dan adik-adik tinggal tau makan, ya paling bantuin nyiapin bahan misal potong-potong ikan, sayur, kupas bawang, cuci piring, tapi tetep yang memasak selalu mamak, soalnya tujuan pulang itu ya memang buat masakan mamak, masakan terenak seluruh dunia, hehe.. rasanya beda kalo saya ato adik yang masak *ngeles :p

Yaa.. mungkin mamak juga pengen ngerasain masakan anak-anak perempuannya kali ya, jadilah suatu malam saya dan adik saya memasak bersama tapi tetap bagi tugas, saya kebagian masak lauk cumi-cumi, dan adik saya masak tumis buncis kol, dan ternyata hasilnya mantap, enak, ahaha.. habis juga ternyata :D

Lalu kesibukan sekeluarga mulai terasa pas besoknya mau lebaran, mulai bikin burasa, daging, bagi-bagi tugas berhubung personel banyak, bapak yang ikat-ikat burasa, mamak yang bungkus-bungkus, anak-anaknya berlima ada yang ambil daun pisang dibelakang rumah, ada yang cabut bulu ayam, ada yang belah kelapa, parut kelapa, bikin sup, bawang goreng, macam-macam.. dan selalu saja diselingin dengan ngobrol, ketawa. 

Pokoknya pas di rumah itu bener-bener menyenangkan dan bikin hati bahagia, tidak ada pikirin kantor. Obrolannya pun seputar kebiasaan, kabar-kabar dikampung, kabar tetangga yang lucu-lucu, dll.

Maka pas kemarin diantarin ke bandara, pas menuju pesawat saya sengaja tidak balik badan untuk nengok bapak ibu dan kakak adik, padahal pesawat kecil itu keliatan bgt sama para pengunjung di pagar-pagar dekat bandara situ, paling cuma 20meteran jaraknya, cuma air mata ini sudah tidak kuasa lagi ditahan, mencoba menguat-nguatkan hati, kembali keperantauan lagi, jauh dari keluarga, jauh dari kenyamanan dan kebahagiaan bersama keluarga. Pas masuk pesawat, langsung nangis sejadi-jadinya, pas ngeliat bapak dan mamak dari kaca jendela pesawat (sampai tulisan ini saya buat pun sambil menitikkan air mata, hiks). Menangis sepanjang perjalanan buton-makassar. Sampai makassar baru deh lumayan perasaannya, lalu sepanjang perjalanan makassar-jakarta, dihiasi dengan tidur akibat lelah. Pas di damri dari jakarta-cilegon juga tidur. Pas nyampe kosan jam 2 siang pun, beres-beres bentar, terus tidur lagi sampai jam setengah 6, yaampun~

Ya begitulah. Back to the real life again, cheer up up up!!! 

kalo lagi jalan dari pasarwajo-bau2, ada beberapa kampung cia-cia yang plang jalannya ditulis pula dalam huruf hangeul korea, panjang ceritanya kalo ini kenapa bisa begitu, hehe..

KM Tidar, rameee, mengantar adik bungsu balik ke Jakarta
Sirup pisang ambon, khas sekali buat campuran palubutung, pisang ijo, es buah, atau diminum jadi sirup juga enak bgt lho, recomended nyobain kalo di sulawesi :D

ini menu buka puasa di keluarga, saraba, tuli-tuli yang bentuknya 8, sama ote-ote
suasana lebaran Idul Fitri yang mendung, ini di belakang kami shalatnya laut lhooo.. ahaha.. terus kalo perhatikan sebelah kiri atas pohon itu ada pelangi, cantik kan yaa :))

nah, kalo di kota bau-bau nya plang jalannya ada tulisan aksara wolio nya, itu yang kayak tulisan arab.

ina-ina (ibu) kebun yang jalan lewat depan rumah

haroa atau baca-baca atau syukuran gitu, makan bersama sekeluarga besar



Komentar