Bekal Merantau

"Bagaimana kalo kamu tiba di tanah rantau saat tengah malam, apa yang akan kamu lakukan?"

Itu pertanyaannya bapak waktu saya untuk pertama kalinya akan berangkat merantau ketanah Jawa. Dalam hati cuma bilang, "hmm, apa ya", trus kata bapak, "kalo memang tiba malam dirantau, kamu cari masjid terdekat, tunggu sampai pagi disana. Jangan naik taksi malam-malam, bahaya. Jangan mau beli-beli kalo ada yang tawarin makanan atau minuman yang jualan-jualan itu, barangkali sudah ada obat biusnya itu *efek kebanyakan nonton berita kriminal, hehe ". 
And then ternyata beneran kejadian. Pas pertama balik lagi ke tanah jawa setelah menghabiskan libur untuk kuliah tahun pertama di rumah, waktu itu naik kapal pelni dari Sulawesi ke Surabaya, dua hari dua malam, walaupun dapat kelas di kapal, dan kerjaannya cuma tidur-tidur saja, tetep saja kerasa capek. Maka setelah tiba sore menjelang magrib di pelabuhan Surabaya (di Semarang belum ada pelabuhan penumpang yang kapalnya bisa ke sulawesi, mungkin faktor kurang dalam pelabuhannya, entahlah), langsung menuju terminal Bungurasih, naik bis menuju Semarang, dan sepanjang 8 jam perjalanan saya habiskan dengan tidur. Kebetulan kursi disebelah kosong, maka saya pun tidur berbaring. Persis sudah tiba didalam terminal Terboyo, pemberhentian bis itu, barulah saya dibangunin sama kondekturnya, ya ampuunn.. pas nyawa sudah kumpul, ternyata di bis itu tinggal saya seorang, pas liat jam ternyata sudah jam set 2 malam, hiks hiks T.T
Dalam hati, bersyukur bgt kondekturnya sama supirnya baik bgt ngebangunin saya, gak ngapa-ngapain, padahal itu situasinya sepi dan rada menyeramkan, gimana sih, didalem terminal, anak gadis sendirian dalam bis. Diluar bis pun, banyak supir-supir taksi liar gitu yang nawar-nawarin, tapi saya tolak dengan halus. Seperti pesan bapak, cari masjid. Maka jadilah saya jalan ke masjid didalam terminal itu untuk menunggu pagi. Sepanjang malam itu saya tidak berani tidur, untuk jaga-jaga, soalnya masih lumayan rame para supir-supir ada disekitaran situ. Tetiba saja bapak sms, "sudah dikosan sekarang?", lalu saya balas, "iya, sudah (ditambah bilang dalam hati, iya, sudah mau naik taksi sebentar habis subuh ke kosan", ini sengaja bohong soalnya kasian nanti jadi khawatir T.T

Maka, niat itu bener-bener ya, ngaruh bgt dalam setiap perjalanan tuh, kerasa bgt. Karena niat saya merantau untuk menuntut ilmu, ada saja jalannya, Allah mudahkan, lancarkan, dipertemukan dengan orang-orang yang baik, alhamdulillah T.T

Lanjut cerita lagi, pas habis subuh, trus naik taksi, nyampe kosan, langsung tidur kayak orang mati, bangun-bangun, trus teringat perjalanan 3 hari kemarin yang panjang bgt, sendirian, gak ada keluar, takut malam-malam sendirian di terminal, langsung deh pas bangun itu nangis sejadi-jadinya, ya ampuunn T.T

"Bagaimana kalo kiriman dari bapak belum sampai dan kamu sudah tidak ada uang untuk beli makan?", 
Itu pertanyaan bapak selanjutnya, yang cuma dijawab dengan diam saya.
Maka kemudian bapak bilang, "maka belajar memang untuk puasa, atau bisa juga kamu sering-sering saja makan di satu tempat, yang kamu langganan dan kenal dekat sama si penjual, jadi kamu bisa ngutang dulu makannya, nanti baru dibayar, bilang saja jujur belum ada uang",

Tapi kenyataannya, ya seringnya puasa sih, puasa daud dulu tuh (jadi ini niatnya udah kecampur-campur, ckckck), atau gak misal makan sama temen, terpaksanya minta tolong dibayarin dulu, nanti baru diganti, hehehe.. 

Dan masih banyak bekal merantau yang lain dari bapak, mulai dari menyebrang jalan, cara naik dan turun bis, tempat-tempat makan murah, bagaimana kalo nyasar, intinya bekal merantau ini lebih ke bagaimana caranya bisa survive tanpa orangtua dan keluarga ditanah rantau yang bener-bener rantau, beda semuanya, baik dari segi bahasa juga kultur :")

Maka hal-hal seperti inilah yang membuat saya sangat menghormati bapak. Melepas anak perempuannya, yang seorang diri di tanah rantau, itu bukan perkara mudah, dan butuh perjuangan bgt. Maka dibekalilah anak perempuan ini, bekal merantau, seperti bekalnya merantaunya untuk laki-laki, hehehe :")

Komentar