Cerita Pulau-Pulau

Karena berasal dari sebuah pulau, yang tidak satu daratan dengan provinsi, maka pulau Buton itu menjadi sangat melekat di hati, terutama rumah dan keluarga. Waktu jaman sekolah, SD, SMP, SMA, di sekolah banyak orang-orang pulau yang datang ke tanah Buton untuk sekolah. Terutama sekali dari pulau Wanci, Kaledupa, Tomia, Binongko, atau yang lebih sering dikenal Wakatobi. Yah, itu sebenernya kepulauan gitu, kepulauan Wakatobi, sama seperti Kepulauan Seribu yang terdiri dari banyak pulau-pulau. Kalau Wakatobi sendiri, terdiri dari 4 pulau yang sudah saya sebutkan itu. 
Maka bertemankan orang-orang pulau ini sungguh mengasyikkan, mendengarkan cerita-cerita mereka tentang pulau-pulau mereka, maklum, saya nya cuma di Buton situ-situ saja, hehe...

Dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya, Buton memang lumayan maju, sekolah-sekolahnya lumayan bagus, dan termasuk pusat pemerintahan. Dulu jaman sekolah, Buton itu kabupaten, yang membawahi pulau-pulau di sekitarnya, macam Wakatobi, dll. Dalam sejarah Sulawesi Tenggara pun, pulau Buton yang sangat berperan, mulai dari kesultanan pertama (sampai sekarang masih ada adat kesultanan), masuknya Islam pertama, pelabuhan penumpang pertama dan satu-satunya di Sultra (di Kendari pelabuhan fery kecil, bukan yang antar pulau nyampe ke Jawa), dll, makanya kalo ada orang Kendari yang mau ke Jawa dan pengen murah ongkos perjalanannya, biasanya nyebrang dulu ke Buton, baru ke Jawa, karena kapal besar cuma bisa sandar di Buton.
Banyak para pendatang dari pulau-pulau disekitar datang ke Buton, untuk bekerja, sekolah, dll. Guru-guru di sekolahpun banyak orang-orang pulau. Pernah suatu ketika, saya (masih SD) dan mamak jalan-jalan ke pulau Siompu, naik kapal kayu, 4 jam, waw.. ahaha :D Tujuannya ke rumah teman guru. Nyampe sana, gak ada jalan raya, yang ada cuma jalan-jalan setapak yang hanya bisa dilewati motor. Ada juga motor satu dua gitu, banyak tanaman jeruk. Pas pulang ke Buton, kami bawa berkarung-karung jeruk, terus dibagi-bagi'in ke tetangga, ahaha :D Pengalaman bgt deh..

Nah, kalo Wakatobi ini, dari pulau Buton itu dekat, cuma 2 jam, samalah kayak dari Cilegon ke Lampung, nyebrang naik fery 2 jam. Pulau Wanci nya pun keliatan dari ujung Buton. 

Ah, bercerita tentang Buton, jadi bikin kangen :"D

Komentar