Gaji Delapan Ratus Ribu Rupiah

Sewaktu pulang kampung lebaran kemarin, saya berkesempatan bertemu dengan teman-teman angkatan SMA, kumpul-kumpul, ngobrol, apalagi kalo bukan soal kesibukan kerja masing-masing, tapi dalam hal ini saya cuma ingin menjadi pendengar, sebab menjelaskan bagaimana pekerjaan saya disana rasanya malas, hehehe.. lebih seneng mendengar cerita-cerita mereka :D

Disela-sela ngobrol itu, terselip keluhan, tentang gaji yang cuma delapan ratus ribu rupiah per bulan. Lalu dalam hati kecil saya, "ha? Rp800.000/bulan? itu kalo di saya cuma cukup buat bayar kosan dan makan selama sebulan itupun di irit-irit 😕", mayoritas ini gaji buat temen-temen yang magang jadi bidan, magang jadi apoteker, magang jadi guru SD/SMA.

Lalu saya menanyakan, bukannya gaji itu minimal UMR ya? upah minimal regional. Sebab di Banten saja UMR nya nyampe 3jt, kog bisa-bisanya jerih payah mereka cuma digaji Rp 800.000/bulan. Jadi ternyata, yang namanya magang itu bukan pegawai kontrak tahunan yang di gaji sesuai UMR, tapi suka-suka dari yang ngerekrut, karena masuk kerja magang pun langsung bisa kerja gitu, gak pake proses rekrutment.

Maka, sebagian dari temen-temen saya ini bertahan tetap magang sambil nungguin pembukaan lowongan CPNS yang entah kapan, atau sebagian lagi lebih memilih merantau ke maluku, papua, untuk berdagang, hiks T.T Padahal kan mereka sudah susah-susah kuliah, merantau juga kuliahnya ya walaupun cuma di kendari atau makassar, bayaran kuliahnya juga mahal (gak cuma Rp 800.000,-)

Ada lagi temen (dengan gaji Rp 800.000) yang curhat, katanya, ada duda yang datang ke rumah buat pedekate, mau ngelamar. Saya dengan shock nya bilang, "lalu kamu terima??", trus kata temen, "dia PNS, jabatannya juga sudah bagus", "TERUS?', haha.. ini saya agak emosi sih, sebab saya bener-bener gak suka kalo perasaan itu bisa dibeli dengan harta dan jabatan, hiks T.T

Intinya, setelah mendengar cerita-cerita dari temen-temen saya ini, tentang bagaimana mereka kerja, shift pula walaupun cewek, masuk malam, nanganin orang melahirkan, nanganin pasien UGD, dll, tapi cuma digaji delapan ratus ribu rupiah itu rasa-rasanya gak sebanding T.T 
Tapi, semoga amal kebaikan jerih payah temen-temen saya ini digantikan dengan gaji yang lebih mahal dari Allah, entah dalam bentuk harmonisnya rumah tangga, karunia anak, dll *aamiinn...


Komentar