Obrolan Random

Suatu ketika pas lagi ada kunjungan dari syaikh Palestina ke kantor, pada saat itu beliau berbicara soal konflik dan kondisi terbaru di Palestina, nunjukin tentang lokasi Masjidil Aqsa, yang sampai saat ini masih jadi perebutan, nunjukin perang disana, pengeboman, wanita dan anak-anak syahid. Lalu seorang teman nanya ke saya, "emang itu beneran ya disana kayak gitu keadaannya?", saya otomatis speechless, dalam hati, kenapa hal itu masih perlu dipertanyakan lagi 😢 belum cukup kah berita-berita yang ada di tv, di media-media, apakah itu belum cukup membuka mata hati kita bahwa itu kenyataan? mereka juga saudara kita muslim yang sedang susah payah bertaruh nyawa setiap harinya 😢 Saking gemesnya sama si temen, saya cuma diam aja 😕 *jangan ditiru.

Nah, ada lagi nih, si temen nanya, "kenapa sih, Allah tuh menciptakan manusia, tapi ujung-ujungnya bakal masuk ke neraka dulu buat dicuci dosanya, kalo emang harus masuk neraka lagi, mending gak usah cipta'in manusia aja", lalu, dimulailah percakapan panjang berdasarkan pengetahuan seadanya.

My dear friend yang selalu bikin gemes :D , manusia diciptakan sebagai khalifah, tugasnya hanya untuk beribadah pada Allah, sudah jelas bgt dalam Al Quran, kalam nya Allah. Nah, kamu lah yang memutuskan, kamu mau condong ke surga atau neraka. Bagaimana caranya, ya tinggal ngikutin aja isi Al Quran, ngikutin ajaran Rasul, ngikutin sunnah-sunnah Rasul, setiap langkah, setiap ucap, setiap perbuatan, jadikan itu bernilai ibadah di sisi Allah, bagaimana caranya? ya misal, masuk keluar kamar mandi baca doa sesuai yang diajarkan Rasul, doa sebelum dan sesudah makan, senyum, menjaga kebersihan, shalat tepat waktu, shalat malam, tilawah, ya kayak gitu-gitu yang bikin kita jadi selalu ingat sama Allah, dekat sama Allah, segala sesuatu yang dilakukan itu diniatkan semata-mata untuk Allah. Kalo sudah terlanjur pernah berbuat dosa, insya Allah, ampunan Allah itu Maha Luas, mohon ampun sama Allah, sambil nangis-nangis.

"Tapi saya ngerasanya kalo nangis itu kog kayaknya ngebohongin diri sendiri ya? soalnya gak ngerasa pengen nangis juga, itu gimana?"

Nah itu karena kita ngerasa hidup kita masih lama, mati masih lama, masih muda, masih eksis, jadi buat dosa juga gak kerasa. Dipaksain aja nangisnya. Kalo masih gak bisa nangis, tangisilah kenapa gak bisa nangis, sebegitu kerasnya kah hati kita, sebegitu panjangnya kah angan-angan kita akan dunia ini, padahal seperti kata orang-orang sufi, dunia ini cuma sebentar saja, ibarat musafir yang sedang melakukan perjalanan panjang, dunia ini cuma tempat persinggahannya saja, dan itu sangat sebentar. Pernah baca buku, cerita tentang Utsman bin affan yang ketika mengunjungi kuburan, lalu beliau menangis nyampe air matanya membasahi jenggotnya, ternyata beliau menangis karena ingat akan siksa kubur, yang mana ketika akhirnya kita menghadapi hari pertimbangan amal, hari pembalasan dll, yang pertama kita masukin adalah alam kubur dulu. Makanya setiap abis tasyahud akhir sebelum salam kita disunnahkan baca doa memohon kepada Allah diselamatkan dari siksa api neraka, dari siksa/azab kubur, fitnah kehidupan dan setelah mati, fitnah dajjal. Bayangkan, sekaliber Utsman bin Affan yang udah dijamin masuk surga, masih nangis lho, tersedu-sedu mikirin alam kuburnya nanti gimana, lha kita? kita bukan siapa-siapa, kita gak ada jaminan apa-apa, tapi kog ya sombong bgt sama dunia, berasa kekal abadi.😢

"Tapi saya udah ngerasa jadi orang baik kog"

Nah ini nih, kayak gitu keliru menurutku. Jadi, karena udah ngerasa udah baik, jadilah ngerasa puas sendiri. Mestinya kita selalu ngerasa gak puas dengan kebaikan-kebaikan yang sudah kita lakuin, harus selalu ngerasa kurang, agar terus-terusan melakukan kebaikan. Karena kita gak tau, kebaikan mana yang mengantarkan kita ke surga kelak, kebaikan-kebaikan mana yang akhirnya membuka pintu rahmatnya Allah agar kita bisa masuk ke surganya Allah kelak. Terus saja ngelakuin kebaikan dan amalan, sedekah, shalat malam, shaum senin kamis, menyantuni anak yatim, dll.

"Kita tadi ngobrolin apa sih shay, kog jadi kesini-sini *sambil nangis*"

Hihi, gak tau shay random bgt yaaa.. ini buat reminder ke saya juga sih, ngomong ke orang tapi sebenarnya ngomong sama diri sendiri, jleb bgt rasanya.

The end~

P.S : that's why, ngaji itu penting bgt, sebagai bekal dalam menjalani hidup, agar slalu berada di track yang benar. Dan lagi-lagi yang nentuin kita mau track yang bagaimana, kita sendiri yang nentuin, akal sehat berperan penting bgt disini. #yukngaji


Komentar