Mencari Keluarga yang Hilang

Mamah itu orang Gorontalo tulen, lahir dan besar di Gorontalo, paham dengan bahasa dan tradisi Gorontalo, yang panjang bgt kalo di ceritain sehingga bisa merantau dan jadi guru PNS di suatu pulau pelosok. Orangtua mamah (Oma dan Opa ku) juga itu kalo dibedah silsilah keluarga keatasnya juga panjang ceritanya, hihi.. Singkatnya, Oma itu orang Gorontalo tulen tapi mempunyai orangtua Gorontalo Belanda (ini berarti kakek dan nenek buyutku), biasa disingkat Gobel, yang menjadi fam/marga keluarga. Oiya, di Gorontalo ini sangat menganut sistem marga gitu. Kalo orang Gorontalo sedang merantau, terus ketemu sama orang Gorontalo juga, mesti yang ditanyain pertamakali itu nama lengkap siapa, marganya apa, gitu. Marga menjadi sangat penting, semacam identitas kasta gitu kalo di Gorontalo, ada yang menunjukkan marga bangsawan, marga orangkaya, dengan tingkatan-tingkatan kebangsawanan dan seberapa kayanya keluarga itu. Jadi kalo sering dengar istilah award Panasonic Gobel, nah itu dia, marga Gorontalo-Belanda, keluarga Oma. Oma ini karena orangtuanya Gorontalo Belanda, akhirnya beliau bisa juga berbahasa Belanda sedikit-sedikit, lucu yaa.. hihi..
Nah, poin pentingnya adalah ada di Opa. Jadi, Oma ku ini nikah sama Opa yang ditentang sama orangtuanya Oma, kenapa? karena sodara-sodara Oma ku ini nikahnya sama orang Gorontalo semua, sedangkan Oma ku beda sendiri, beliau nikah sama orang Jawa tulen, hihi.. you know orang Jawa tulen yang saya maksud adalah yang perawakannya orang Jawa bgt, dialeknya medok bgt, kebiasaan dan pakaiannya juga serba Jawa, hihi.. kan kontras bgt yaaak sam Oma ku yang Gorontalo bgt, hahaha.. 
Lalu, karena Oma nikah sama Opa yang orang Jawa biasa, i mean, rakyat jelata macam diriku, yang bukan bangsawan bukan juga orang kaya, jadilah anak-anaknya Oma sama Opa gak turun nama marganya, padahal sodara-sodara Oma dan keturunan-keturunannya pake marga bangsawan semua, Oma jadi semacam tersisihkan gitu dengan keluarga kecilnya, hihi.. ini kerasa sampe sekarang, kalo mamah lagi kumpul sama sepupu-sepupunya yang enak bgt kalo di kenalin ada marganya gitu kan, sedangkan mamah dan sodara-sodaranya cuma nama biasa doang, jadi rada minder gitu kan.. apalagi kalo ke keluarga Gobel, waw.. kaya langit dan bumi rasanya, hihi...

Btw, Opa ini profesinya tentara, dulu waktu masih jaman penjajahan, Opa yang usianya masih 20an, dikirim dari Jawa ke Gorontalo. Lalu nikahlah sama Oma, terus hidup berpuluh-puluh tahun sampai meninggal di Gorontalo, gak balik-balik lagi ke Jawa. Waktu saya masih kecil, mamah selalu ceritain kebiasaan Opa yang Jawa bgt, beliau main wayang jadi dalang gitu ngumpulin tetangga-tetangga, beliau bikin rengginang, ngajarin berhitung pake bahasa Jawa ke mamah (yang ini saya amazing sih sama mamah, secara beliau belum pernah nginjak Jawa tapi bisa ngitung pake bahasa Jawa) dan bahasa-bahasa Jawa lainnya.. plus kebiasaan-kebiasaan orang Jawa bgt deh.. tapi waktu itu saya masih kecil, jadi belum paham. Pas merantau di Jawa barulah paham, hihi..

Suatu ketika tiba masa saya wisuda. Mamah dan bapak datang ke Semarang. Kelar wisuda, malamnya mamah tetiba bilang, mau nyari rumah bapaknya (Opa), mumpung lagi di Semarang, kata sodara-sodaranya dekat dengan Pemalang. Dalam hati, ternyata Opa ini orang ngapak, pantes medoknya yang medok bgt gt, hihihi... 

Masalahnya adalah, rumah Opa itu entah dimana, soalnya belum ada yang pernah kesana, plus selama ini Opa cuma berhubungan dengan sodara-sodaranya di Jawa melalui surat doang, kirim-kiriman foto juga. Mamah optimis berbekal alamat surat dan foto-foto itu, sedangkan saya belum berangkat sudah pesimis duluan, hahaha... *jangan ditiru yak, sifat yang gak baik bgt :(*

Karena kasian ngeliat tekad mamah yang membara bgt, karena ini kayak nyari jarum dalam jerami gitu, siapa yang tahu belasan tahun rumahnya Opa dan sodara-sodaranya barangkali udah gak ada kan, atau udah pindah kemana gitu kan, hihihi.. tapi baiklah akhirnya saya putuskan untuk ke Pemalang nemenin mamah. Malam itu, mamah udah siap-siapin tas, dimasukanlah kue-kue macam barwasa, bolu, dan kacang mente dalam tas, niat mamah kue-kue ini buat sepupu-sepupu Jawa nya nanti kalo ketemu, masya Allah.. saya cuma bisa geleng-geleng kepala, mamahku ini semangat dan optimisnya warbyasah bgt, padahal belum tentu ketemu lho, hihi.. Saya juga akhirnya membawa kamera digital, barangkali beneran ketemukan, haha.. jadi bisa buat dokumentasi.

Besok subuh-subuh kami berangkat ke terminal, terus naik bis ber AC. Oiya, ini pengalaman pertama bgt bisa berpetualang berdua sama mamah begini, seruπŸ˜‚ apalagi ini ceritanya diriku yang memimpin kan, dan ini pertamakalinya juga mamah naik bis, dan melakukan perjalanan backpacker seperti ini, karena biasanya kalo di sulawesi itu selalu diantar sama mobil sendiri atau dijemput sama siapa gitu, yang intinya jarang bgt naik umum. 

Selama di bis, saya kebanyakan tidur, karena mungkin sudah siap-siap dari subuh kan. Sedangkan kulirik mamah disampingku, asik foto-foto pemandangan lewat jendela bis dan ngeliatin mulu pemandangan pantura, hahaha.. saya geli sendiri ngeliat mamah yang antusias bgt. Iya sih, ini sesuatu yang baru bgt bagi mamah.

Lalu, berhentilah kita di desa Gandu, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang sesuai alamat di surat, ini saya dan mamah diturunin dipinggir jalan gitu, masih dijalur pantura, lalu harus nyebrang jalan yang besar itu kan. Wah, mamah udah gugup bgt pegangan erat tanganku, kata mamah, kalo bukan karena mau ke tempat Opa, mamah gak bakal mau nyebrang jalan yang mobilnya besar-besar itu, hihi.. maklum lah ya di Pantura kan emang jalannya truk dan trailerkan ya, yang gak ada kayak gitu-gitu di pulau tempatku tinggal, jadi pertamakalinya ini mamah ngeliat itu terus ngeri sendiri, hihi... 
Setelah berhasil nyebrang, kami naik becak. Nah, karena alamat yang dikasih ini cuma nama desa doang, gak ada nomor rumahnya, saya berpikir mungkin ini mirip rumahku tinggal, kalo kirim surat cuma tulis kelurahan kecamatan kabupaten sama kode pos insya Allah nyampe, karena wilayahnya yang kecil, hihi.. 
Bersama tukang becaknya yang udah kakek-kakek dan ngomong pake bahasa Jawa asli terus-saya-nya-pusing-karena-gak-paham-maunya-pake-bahasa-Indonesia-saja, saya minta diantarin ke kantor lurah atau balai desanya. Saat itu hari Sabtu, dan saya sudah deg-deg'an juga barangkali kantor lurahnya tutup kan. Pas sampai sana ternyata ada satu ibu-ibu disitu, langsung deh kami samperin. Mamah lalu ngeluarin foto dan alamat berdasarkan surat-suratan Opa dan keluarga Jawa nya, masya Allah nya ibu-ibu itu kenalin lho foto itu. Kata beliau, ini foto masih muda bgt orangnya, sekarang sudah berkeluarga, rumahnya sekitaran situ. Fyi, disitu itu beneran desa bgt, desa khas Jawa bgt, yang jalannya masih belum aspal, masih batu-batu gitu, gak ada jalur angkot atau ojek, jadi kemana-mana pake becak.
Kakek tukang becak masih standby disitu karena emang saya suruh tungguin, hihi.. lalu ibu-ibu kantor lurah itu ngobrol pake bahasa Jawa gitu ke kakek tukang becak untuk diantarin kealamat yang dimaksud. Singkat cerita, sampailah kami di rumah yang dimaksud. Saya masih suruh tungguin becaknya karena barangkali alamatnya salah kan, jadi bisa langsung diantarin ke jalur pantura biar bisa balik Semarang. 
Pas ke rumah itu, keluarlah bapak-bapak, seumuran mamah gitu. Mamah nunjukin foto mengkonfirmasi, terus bapak-bapak itu kaget, kog bisa foto jaman mudanya bisa ada sama mamah, masya Allah.. finally mamah berhasil ketemu dengan sodara-sodara Opa.. wkwk.. Ternyata Opa ini semua sodara-sodaranya gak ada yang merantau, tinggal disitu semua. Jadilah oleh bapak-bapak sepupu satu kali mamah ini, yang-kemudian-minta-saya-panggil-beliau-pa'le-dan-istrinya-bu'le-karena-awalnya-saya-panggil-om-dan-tante πŸ˜‚ dibawa keliling ke rumah-rumah sodara yang lain. Disitu panjaaaang bgt dikenalin segala macam keluarga, kumpul disitu jadi satu, semacam heboh karena ada anaknya Opa yang jauh bgt dari Sulawesi datang ke desa Gandu, hihi.. Lanjut dengan mamah telponin sodara-sodaranya di Sulawesi, terus saling telpon-telponan dengan keluarga Jawa ini, gitu deh.. heboh dan seru bgt, haha.. yang bikin seru karena mereka ini ngomongnya kebanyakan bahasa ngapak bgt yang tentulah saya dan mamah gak paham, kadang-kadang suka sebel sih, tapi mungkin juga karena mereka gak bisa bahasa Indonesia kali ya, makanya mencoba maklum, hihi.. hanya beberapa yang berbaik hati ngobrol pake bahasa Indonesia.

Karena perjalanan seharian sampai malam disitu, kami nginap disitu, ditraktir makan soto tauco, haha.. saya dan mamah cuma bisa liat-liatan, karena isi sotonya unik πŸ˜… Besok paginya kami diantar pulang ke Semarang, hihi.. 

Ini salah satu dari banyak kenangan bersama mamah yang selalu manis dan bikin haru kalo diingat. Alhamdulillah, Allahu Akbar!



Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah, aku kira Gobel yg ditulis Mb Sus itu cuma plesetan singkatan macam julukan "bule" gitu, gak kepikiran nyambungin ke Rahmat Gobel, misalnya. Taunya beneran nama marganya singkatan "Gorontalo-Belanda" ya, mb? Hehe...

    Trus kalo di Jawa manggil om-tante emang Paklik dan Bulik. Artinya Bapak Cilik dan Ibu Cilik. Kalo om/tantenya lebih tua dari ortu kita, Pakde/Bude alias Bapak Gede/Ibu Gede. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, jd pak Rahmat itu adalah sepupu satu kalinya mamahku, orangtuanya , bersodara gitu, hihi..

      wah lil, sy baru tau paklik bulik dan pade bude itu trnyata ada kepanjangannya gitu, wkwkwk... :D :D

      Hapus

Posting Komentar