Drama Gunung Slamet - Part 2

Ini cerita lanjutan dari tulisan sebelumnya, lamaaa bgt ya baru muncul lanjutannya.. maapkeun πŸ˜€

Oke langsung aja dilanjutin yak, cerita terakhir kan pas nyampe puncak. Nah ini lanjutannya pas turunnya yang kubilang ada tragedinya itu. Apa sih tragedinya?
Jadi, pas perjalanan turun itu, medannya itu berpasir dan miring bgt sudutnya hampir tegak lurus malah 😭 Saya turunlah duluan bertiga sama si Iqbal dan si Arif (oiya, tim kami berempat, satunya lagi namanya Randi), si Randi nyusul dibelakang. Terus karena medannya yang enak bgt kayaknya dipake buat lari-lari, terus Iqbal sama Arif lari-lari lah mereka, lama-lama larinya makin kenceng tak terkendali terus si Arif keluar jalur dan jatuh terguling-guling serem bgt masuk ke jurang-jurang gitu tapi masih ditengah-tengah puncak gunung, jadi masih terbuka medannya, trus dia pingsan beberapa menit gitu, kaki dan tangannya terkilir dan luka-luka kena batu-batu tajam, kepalanya benjol besar bgt, intinya pemandangannya ngeri 😭
Pas si Arif jatuh itu, dia tiba-tiba hilang dari pandanganku, padahal tadinya kita sama-sama turunnya, it's means jatuhnya itu jauuhh bgt, dan dibawah gak keliatan karena sudutnya miring bgt, kita panggil-panggil juga gak nyahut. Terus si Iqbal buru-buru lari ngikutin jejaknya si Arif, terus ketemu. Si Randi yang dibelakang juga buru-buru lari ke lokasi mereka, saya disuruh tetap ditempat, gak usah kemana-mana, karena emang susah juga mau ke lokasi mereka itu yang jurang-jurang.
Pas itu, alhamdulillah bgt si Iqbal ini bawa jamu-jamuan serbuk gitu, terus dibalurin keluka-lukanya, sembari nunggu tenang kondisinya dan itu lama bgt kira-kira se-jam apa dua jam gitu kami ditengah puncak itu.

Oiya, pas masih di basecamp gunung Slamet via Guci, kita di briefing dulu gitu sama Rangernya, dikasih tahu kondisi cuaca nya gimana, mata air nya dimana, track nya gimana, dikasih peta dan tertera nomor hp ketua Rangernya di petanya itu. Hal yang baru kutemui selama mendaki nih. Waktu ke Ungaran, ke Merbabu, ke Gede, enggak kayak gitu, cuma laporan doang, bayar tiket masuk, terus naik. Bagus bgt kan di basecamp via Guci ini, Rangernya bertanggungjawab bgtπŸ’—
Nah, peta yang dikasih sama Ranger ini yang selalu kukantongin kemana-mana. Jadi pas dalam keadaan urgent gitu, segera kuhubungi nomor hp itu, tapi sayangnya gak masuk euy karena sinyalnya yang kadang ada kadang hilang. Terus kucoba sms minta pertolongan, failed-resent-failed-resent begitu terus saya ulang-ulang mungkin sampai puluhan kali baru berhasil.
Selama masa menunggu si Arif tenang dan lumayan baikan bisa bergerak, beberapa pendaki lain mulai turun sambil bingung ngeliat diriku yang duduk seorang diri, hihi.. mereka nanya, ada apa, saya jelasinlah teman saya jatuh, terus mereka nanya, dimana, lha itu dibawah, emang sih gak keliatan lumayan jauh soalnya, serem lah pokoknya.. Terus beberapa pendaki buru-buru segera turun untuk menyampaikan pesan pertolongan ke basecamp jaga-jaga barangkali sms yang saya kirim ternyata failed, ada juga mas-mas satu orang yang baik hati nolongin, hahaha.. soalnya kan kita berangkat ini punya kelompoknya sendiri-sendiri kan, jadi turunnya juga pada bareng, tapi si mas satu ini malah misah terus nolongin kami dong, hihi.. si mas'e bantuin paksa si Arif untuk bisa bangkit dan jalan, bantu pegangin, bantu nunjukin jalur yang bagus buat berpijak, gitu-gitu deh, intinya si mas'e berperan penting bgt, sebab si Randi juga kakinya terkilir juga gitu pas lari ke lokasi si Arif jatuh, yaiyalah yaaa.. pas si Arif jatuh, kami panggil-panggil dia gak nyahut, jadilah kami semua panik dia kenapa tuh 😭

Ditengah-tengah cuaca yang panas dan air minum yang udah habis karena dikasih semua ke Arif, dengan kerongkongan yang kering kerontang, akhirnya kami tiba di pos 4 tempat nge-camp. Saat itu sudah jam 12 siang, padahal target jam 10 pagi itu udah mesti turun ke basecamp sebab saya yang mengejar kereta jam 23.00 wib. Terus istrahat bentar, makan seadanya, beres-beres, lalu jam 14.45 wib baru bisa mulai jalan turun, itupun dengan kondisi Arif yang jalannya pelan-pelan.
Sampai di pos 3 jam 16.15 wib, dan surprise! ada rombongan Ranger yang sedang ngopi nungguin kami 😹 kami langsung di interogasi macem-macem sambil ngobatin si Arif, dikasih obat anti nyeri, dikasih minum, yang kubilang pelayanan mereka itu baik dan mewah bgt deh untuk ukuran digunung yaaa.. hahaha...
Terus mereka nemenin kami turun, jalan bareng gitu, megangin tas kerir kami 😹 jadilah jalan menjadi ringan dan lancar πŸ˜… Apalagi para Ranger ini orangnya seru dan lucu-lucu, hihi.. adaaa aja tingkahnya, ada yang disengat tawon lah, ada yang jahil, terus ketawa-tawa gitu, intinya perjalanan kami yang tadinya horor karena kami adalah rombongan terakhir yang turun gegara telat bgt turunnya dan khawatir kemalaman dijalan, perjalanan turun itu menjadi menyenangkan karena turunnya bareng mereka, alhamdulillah bgt 😍

Sampai pos 2 jam 17.00 wib dan ternyata ada beberapa Ranger juga yang nungguin disitu. Terus lanjut jalan sampai ke pos 1. Setibanya di pos 1 udah magrib, udah gelap, dan suprise lagi... ada beberapa Ranger lagi yang datang bawa motor dan kami dibonceng ke basecamp dongπŸ˜‚.. awalnya pas teman-teman sudah dibonceng semua, saya doang yang gak mau motoran, karena jalannya ngeri. Jalan dari basecamp ke pos 1 itu kecil, batu-batu, tanah gembur, hutan-hutan pula dan sudah gelap 😭 saya lebih milih jalan bersama para Ranger lainnya, tapi mau gak mau, naik motor juga deh, karena keburu waktu semakin gelap, dan itu jadi pengalaman tak terlupakan bgt motoran digunung, beberapa kali hampir terjatuh yang ditahan oleh kaki mas pengendara dan saya, mas yang mengendarai motor juga tegang gara-gara gelap dan jalannya berdebu jadinya gak keliatan jalannya.

Dan finally, sampailah kita di basecamp, makan malam, cerita-cerita, terus balik ke tegal ke rumah si Randi tuh udah mau jam setengah 11 malam gitu, terus buru-buru mandi, langsung pamitan sama bapak ibu nya ke stasiun.
Setelah melewati banyak drama, khawatir si Arif kenapa-napa, khawatir ketinggalan kereta, alhamdulillah akhirnya bisa pulang ke kosan Cilegon dengan selamat.😁

pas masih tersenyum riang berada di puncak gunung Slamet
mas-mas Ranger gunung Slamet via Guci yang baik hati bgt
ini mas-mas yang baik hati bgt bantuin si arif turun dari puncak ke pos 4, barakallah mas'e T.T
ini posisi waktu diriku duduk sendirian nungguin Randi sama Iqbal yang lagi bantuin Arif jauh dibawah sebelah kiri sana jauh gak keliatan :"