Finding Mr Right, Jodoh Pasti Bertamu

Haaaiii... setelah 2 bulan lamanya diriku vakum dari blog ini, gegara sibuk kesana kemari, wkwkwk gayaaa banget yak ๐Ÿ˜‚ finally i come back again, yeayy๐Ÿ’“
Akhirnyaaa bisa nulis lagi dan ada banyaaak bgt yang ingin di share disini ๐Ÿ˜ป tapiii sebelum menceritakan 2 bulan kemaren kemana aja sih, saya ingin melanjutkan dulu kisah Finding Mr. Right yang ada hubungannya juga nih dengan ke-vakum-an diriku di dunia per-blog-an *halah ๐Ÿ˜…

Pada tahu kan, di akhir tahun 2018 kemarin orang-orang pada heboh dengan yang namanya tes CPNS, euforianya beeuuhhh mantap bgt. Di kampung saya sendiri, seorang PNS dipandang mevah bgt, sosok dengan kasta tertinggi kek nya yaak ๐Ÿ˜‚ Saya salah satu orang yang tadinya gak mau daftar๐Ÿ˜…, cuma pada akhirnya daftar juga lah gegara tiap kali ketemu orang kampung, selalu ditanyain "Tidak ikut daftar CPNS kah?", lalu ku jawab, "Tidak bu, mau istrahat dulu di rumah", lalu dibalas "ih, daftar-daftar saja, coba-coba saja, kapan lagi. kamu pintar, kuliahnya tinggi, kuliahnya jauh, masa tidak daftar", atau koment seperti "ih, jadi mau bikin apami dirumah? sayang sudah kuliah jauh-jauh tapi cuma duduk-duduk di rumah", dan komentar-komentar lainnya, yang lama-lama bikin jengah juga ๐Ÿ˜‚ Jadilah biar cepet, saya daftar aja lah, itupun dengan upload dokumen seadanya. Misal dokumen yang diupload harus ditulis tangan, dan di scan, saya enggak dong, saya ketik, print, terus di scan pake scanner pdf hp trus kirim ๐Ÿ˜‚
Oiya, kenapa saya gak minat daftar CPNS, alasan utama selain karena ingin istrahat dulu dari dunia perkantoran, daftar jurusan yang diterima untuk provinsi Sulawesi Tenggara gak ada jurusanku, adanya Sulawesi Selatan, it's means kalo keterima CPNS saya kudu merantau lagi ke Makassar ๐Ÿ˜ซ dan saya ngerasa udah muak bgt hidup jauh dari orangtua dan rumah, jadi karyawan kantor dengan jatah cuti 14 hari itupun kepotong cuti bersama, kesempatan bertemu orangtua cuma setahun sekali itupun bisa dihitung dengan jari berapa harinya, enggak sebanding bgt dengan hampir 360 hari diriku ditanah orang๐Ÿ˜ข

Singkat cerita ternyata saya lolos tahap administrasi ๐Ÿ˜… lalu mesti berangkat ke Makassar untuk tes tertulis. Berhubung teman-teman seangkatan SMA yang kuliah di Makassar udah pada gada semua, saya minta ke adek untuk dicarikan temannya yang masih kuliah di Makassar, maksudnya biar saya bisa numpang di kostnya selama saya di Makassar. Ketemulah temannya pas saya udah nyampe di Makassar nih, namanya Ayu, yang seumur hidup saya juga gak tau si Ayu ini yang mana orangnya, karena ternyata mamahnya si Ayu ini adalah teman akrab mamahku gegara sama-sama senasib sepenanggungan sebagai guru Ekonomi di SMA yang sama๐Ÿ˜… cerita tentang berteman akrabnya mamah kami ini saya juga baru tau dari si Ayu๐Ÿ˜ข
Dan amazing-nya lagi, ternyata bapaknya si Ayu ini adalah adek kandungnya bapaknya si Mr Rigt๐Ÿ˜‚ lhaaa... bisa pas gitu yaa, apalagi kalo bukan skenario Allah๐Ÿ’“
Jadi tetiba si Ayu ini cerita, "Kak, kenal si Mr Right kan? dia leting kak Susi kan? dia pernah ceritain kaka lho waktu dulu pernah ketemuan di Cilegon, saya sama si Mr Right udah kayak temen, suka curhat-curhatan"๐Ÿ˜…

Entah gimana ceritanya, saya lalu ngulik-ngulik lah tentang profil si Mr Right ini ke si Ayu, yang lalu diceritain panjang kali lebar bgt, bukan apa-apa, hanya sebagai referensi saja๐Ÿ˜…
Nah, menjelang saya balik ke rumah, si Ayu ini nitip paket ke saya untuk mamahnya, mumpung ada yang pulangkampung kan. Kata si Ayu, nanti mamahnya datang ke rumah buat ngambil, kebetulan rumah kita dekatan sekitar 500 meteran, tapi saya bilang biar saya saja yang datang ke rumahnya sekalian menyambung tali silaturahim mamah.
Oiya, sebenarnya lagi semangat tes tahap berikutnya di Makassar adalah karena saya mau sekalian suntik vaksin meningitis, yang cuma ada di Kendari untuk Sultra, dan di KKP Pelabuhan dan Bandara Makassar di Sulsel. Pas bgt saya dapat jadwal suntik meningitis di hari yang sama dengan saya akan balik kampung, jadi sekalian ke KKP Pelabuhan saya suntik meningitis berangkat pagi-pagi, kelar jam 12an, jam 2 nya saya sudah naik kapal pulang. Nah mungkin karena pengaruh suntik dan badan juga kerasa capek pikul tas kerir, selama 14 jam di kapal saya ngerasa demam gitu. Sampe di rumah isirahat 2 hari karena masih demam juga, sedangkan mamahnya Ayu udah nanyain terus kapan saya datang kerumahnya baawain kirimannya Ayu๐Ÿ˜ญ disaat no choice itulah, akhirnya saya teringat si Ayu dan si Mr Right ini sepupu'an, saya langsung nge-whatsapp si Mr Right untuk datang kerumah, minta tolong ambilin titipannya si Ayu, bawain kerumahnya karena mamahnya udah nungguin.

Ketika minta si Mr Right ini datang ke rumah, dalam skenario pikiran saya adalah, si Mr Right datang, masih duduk di motor didepan pagar rumahku, saya keluar pintu depan, buka pagar, ngasih kiriman, terus dia nya pergi. Begitulah skenario pikiranku, persis kayak ketemu kurir JNE gitu, cuma buat nganterin paket๐Ÿ˜‚

Tapi bada dzuhur dia datang itu, dia tetiba whatsapp katanya sudah didepan rumah. Saat ku keluar, lhaaa... kog dia udah duduk manis dikursi teras sih.. wah, ternyata kebetulan pagar rumah sedang terbuka, makanya dia langsung main masuk aja๐Ÿ˜… Dalam hati sebenernya, "Apa'an sih, masa datang-datang langsung duduk sih? dia emang mau ngapain sih? harusnya kan langsung pergi, udah ditungguin mamahnya si Ayu juga tuh, ngapain lama-lama di rumahku?" gitu๐Ÿ˜… kesal sebenernya... tapi kata dia, dia datang ngambil kirimannya si Ayu sekalian mau bertamu, hooo... yaudahlah... mau gimana lagi, udah terlanjur. Jadilah kita berdua ngobrol gitu, banyaaak bgt, entah kenapa sampe ke case-case profil sebuah keluarga yang LDR, kondisi bapaknya itu keluarga LDR gimana, ibunya gimana, anak-anaknya nanti gimana, profil seorang ibu pekerja dan ibu rumah tangga, kayak gitu-gitu๐Ÿ˜€ saya pikir, secara gak langsung ini bentuk negosiasi atau lobi-lobinya dia sih, semacam membuka mata kalo kelak dimasa depan berada disituasi yang sama dengan case-case profil keluarga yang sulit seperti itu, akan bagaimana dia bersikap, akan bagaimana saya bersikap, akan bagaimana menerima, dll gitu deh ๐Ÿ˜…

Kita ngobrol sampai kumandang adzan ashar, gak terasa bgt, lalu dia pamit pulang. Habis itu entah kenapa dalam hati terbersit perasaan ternyata dia anaknya enak juga kalo diajak ngobrol, kayak teman akrab gitu, kayak saya sama Amel, saya sama Elisa, temen-temen dekat yang enak diajakin ngobol bedah kasus gitu.

Lalu besoknya dia datang lagi, kali ini bada Isya, hingga jam 9 malam. Lalu besoknya datang lagi, rajin bgt ๐Ÿ˜† dan tempat favorit selalu di teras rumahku, sedangkan bapakku mantau dari ruang tamu "fyi teras rumah dengan ruangtamu itu disekat dinding kaca jendela besar-besar, jadi kalo ada orang yang datang bertamu langsung bisa keliatas siapa yang datang*

Ya begitulah bagaimana caranya Allah mempertemukan kami.

Saya yang dulunya percaya bgt sama yang namanya "love at the first sight", ketika ketemu sama sang jodoh maka otomatis kita akan jatuh cinta pada pandangan pertama, kita akan otomatis ngerasa klik, dan bilang dalam hati "dialah jodohku", ternyata bukan begitu rumusnya๐Ÿ˜…  

Pernah dengan kalimat "Cintailah orang yang kamu nikahi, bukan nikahilah orang yang kamu cintai", ya begitulah rumusnya.

Pada akhirnya saya memutuskan untuk menerima si Mr Right, karena merasa tenang. Entah kenapa ngerasa tenang dan aman berada didekatnya, ngerasa tenang ketika dia dekat maupun jauh LDR-an kayak sekarang, ngerasa percaya dan yakin bersamanya-lah insya Allah surga akan jadi terasa dekat, aamiinn..

Saya jadi keingat pas awal-awal nganggur dan cuma dirumah saja, terus tetiba di whatsapp sama mbak liqo Cilegon, apakah sudah ada yang datang melamar atau belum, saya jawab dengan ketus "Gimana caranya mau ada yang datang melamar mbak, saya udah terlalu jauh dari rumah, udah gak kenal siapa-siapa disini, ditambah saya juga jarang bgt keluar rumah karena gak punya kegiatan apa-apa disini, cuma maen ke rumah ponakan-ponakan doang, gimana caranya saya bisa ketemu jodoh mbak, sayanya cuma duduk di rumah doang", hihihi... ini pernyataan orang pesimis dan hopeless bgt ๐Ÿ˜…

Sewaktu mamah pergi September kemarin, saya berada dikondisi terpuruk bgt. Udahlah saya resign, gak kenal siapa-siapa kecuali keluarga dekat, gak punya aktifitas, saya udah pesimis akan bisa bertemu jodoh. Saya malah sudah tiba dititik pasrah, menyadari, mungkin inilah takdirku, seumur hidup singlelillah, tinggal dirumah menemani bapak kemana-mana, merawat bapak dimasa tuanya, mendampingi bapak dipelaminan melihat adik-adik dan kakakku menikah, saya udah siap bgt menggantikan posisi mamah walaupun selamanya gak pernah akan terganti :"(

Saya lalu mendaftar umrah juga untuk mamah. Saya udah gak peduli berapa biaya yang diperlukan, saya udah siap seluruh tabungan saya habis, apapun yang terjadi, pokoknya saya harus berangkat agar bisa meng-umrah badal kan mamah, karena sewaktu mamah masih ada, saya selalu bilang akan umrah sama-sama, tapi saya terlalu sayang dengan cuti 14 hari setahun, saya ngerasa sayang cutinya dipakai buat umrah terus gak bisa pulangkampung, lalu akhirnya saya menyesal semenyesal menyesalnya, kenapa jadi manusia begitu bgt, kenapa tidak mau sedikit saja berkorban :"(

Dalam pikiran saya saat itu adalah gimana caranya saya bisa meng-umrah badal kan mamah, gimana caranya bisa jadi anak shalehah agar doa-doaku sampai ke mamahku, doa-doa agar mamah dijaga sama Allah, ditempatkan ditempat mulia di sisi-Nya, doa-doa agar saya bisa berkumpul kembali dengan mamahku di surganya Allah kelak, doa-doa agar seluruh dosa-dosa mamah diampuni sama Allah, diterima segala amal kebaikannya selama di dunia, dan Mekkah Madinah adalah dua tanah suci dengan banyak tempat-tempat mustajabnya, maka tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar umrah, demi mamah :"(

Skenario Allah itu luar biasa bgt :"(

Saya yang sudah hopeless sama yang namanya jodoh gimana cara ketemunya, eh malah jodohnya datang sendiri kerumah. Dan saya yakin ini adalah salah satu keajaiban dari niatku mau berangkat umrah. Posisinya sebelum si Mr Right datang ke rumah, saya memang sudah mendaftar umrah duluan. Jadi saya yakin ini adalah hadiah dari Allah :")

Baitullah itu adalah rumah Allah, maka ketika kita datang ke rumah Allah, insya Allah bakalan dijamu bgt sama Allah. Baru mendaftar saja nih, belum berangkat, Allah sudah datangkan jodoh bertamu kerumahku, Allahu Akbar๐Ÿ˜ญ Insya Allah keajaiban-keajaiban lainnya selama berangkat, selama disana, akan dibikin tulisan sendiri, hihihi...

Jadi begitulah ceritanyaaa....

Dan semua terjadi begitu cepat ๐Ÿ˜… 

Kami bertemu beberapa kali doang selama bulan November 2018. Lalu awal Desember 2018 dia berangkat ke Jakarta. Lalu Januari 2019 saya berangkat umrah. Jadilah kami LDR-an kan. Nah, selama LDR-an inilah orangtua dia dan orangtuaku dengan keluargaku sudah saling komunikasi. Alhamdulillah disetujui dan keluarga kedua belah pihak mendukung. Lalu Februari kemarin alhamdulillah udah acara lamaran, yang cuma dihadiri oleh para orangtua, anak-anaknya entah kemana, kocak kan ๐Ÿ˜…

Lalu, akhirnya sekarang tiba dirumah lagi terus bikin galau, gegara saya sendiri belum pernah ketemu sama orangtua si Mr Right, tahu rumahnya saja yang mana saya gak tahu, padahal dekat gak nyampe sekilo rumah kita tuh ๐Ÿ˜‚ eh tapi udah tahu yang mana orangtuanya, tapi belum pernah ngobrol. Jadi begitulah si Mr Right juga ngenalin saya ke orangtuanya cuma nunjukin foto doang, terus orangtuanya setuju ๐Ÿ˜… Saya sampe bilang ke Mr Right, "kog bisa sih cuma modal foto doang langsung disetujuin? biasanya kan harus diliat dulu anaknya gimana, cara bicaranya gimana, gaya pakaiannya gimana, sopan gak, atau mungkin di tes memasak dulu, tes bersih-bersih rumah dulu๐Ÿ˜‚"

Lucu yaaak... hihihi...

Alhamdulillah ini rezeki yang tak disangka-sangka bgt, nemu banyak bgt hikmah sejak resign, sejak bersama mamah :"

Semoga semuanya lancar hingga nikahan nanti, aamiinn ๐Ÿ’“


Komentar