Kisah Nyata

Dulu banget, pernah viral di FB ada pasangan kakek nenek yang meninggal dan baru ketahuan setelah semingguan gitu oleh tetangga-tetangganya, itupun karena setelah jenazahnya mengeluarkan bau, sehingga tetangga curiga ada apa dirumah pasangan kakek nenek ini, ternyata ditemukan telah meninggal dunia. Setelah ditelusuri ternyata anak-anaknya semua sudah berkeluarga dan tinggal diluar kota semua, makanya kakek nenek ini tinggal cuma berdua saja.

Mirip kisah tersebut, sekitar tahun 2016, ada seorang ibu, tetangga rumah, kira-kira cuma beda 7 rumah dari rumahku, ditemukan meninggal, sendirian, dan setelah beberapa hari, itupun ditemukan oleh anaknya yang pulang dari Makassar. Si anak curiga kenapa ibunya beberapa hari ini ditelpon gak jawab-jawab, dia lalu memutuskan untuk pulang dari Makassar ke Buton, ternyata ibunya ditemukan sudah meninggal, terduduk dikursi meja makan. Jadi almarhumah ibu ini, suaminya sedang di Makassar berobat, ketiga anaknya sedang kuliah di Makassar, ibu ini profesinya PNS Guru Bahasa Indonesia, dulu saya juga sempat diajar oleh almarhumah, jadi ibu ini yang bertahan di rumah dikampung halaman, karena kewajibannya sebagai seorang guru, cuma saya jadi miris saja karena almarhumah meninggal sendirian, semoga beliau husnul khatimah, aamiinn ya Allah.. :" Almarhumah memang sudah ada riwayat penyakit asma, aktif majelis ta'lim juga. Rumahnya itu dipinggir jalan utama, rumahnya bagus, cat pink, halamannya luas, tapi sekarang setiap kali saya jalan pagi lewat depan situ, rumah itu kacanya sudah pecah-pecah, rumput halamannya sudah tinggi, plafonnya sebagian sudah lapuk. Ternyata suaminya pun sudah meninggal, dan ketiga anaknya semua tinggal merantau di Makassar, ada yang ikut suami, ada yang kerja, ada yang sementara kuliah. 

Rumahnya bagus banget lho, bermodel gitu, saya malah nyeletuk ke suami, seandainya rumah itu dijual saya mau beli, tapi kata mas suami, serem katanya, barangkali angker, saya ketawaπŸ˜‚ Kataku, ya rumahnya nanti kita hancurin, bangun ulang, tapi tetep mas suami gak mau, huuu... padahal rumahnya bagus bgt, pinggir jalan utama, tanahnya saja kalo dijual bakalan mahal itu, tapi saya kurang tahu juga kabar rumah itu gimana statusnya, sayang banget anak-anaknya gak ada yang nerusin tinggal di Buton, aset orangtuanya jadi terabaikan.

Ceritanya jadi kemana-mana yaaa.. hihi πŸ˜…

Intinya gini, saya ngerasain sedih bgt orangtua tinggal berdua waktu kami semua anaknya berlima merantau ke jawa. Saya dan kakak kerja, adik-adik kuliah, pulang cumah setahun sekali saat lebaran Idul Fitri doang. Alhamdulillah saat itu orangtua masih lengkap, bapak dan mama saling menemani di rumah. Tapi sekarang, sejak mama pergi, saya selalu kepikiran sama bapak. Selalu teringat kisah tetangga yang meninggal sendirian itu. Waktu kembali kerja didekat rumah sini, Senin - Sabtu, pergi pagi pulang sore, saya selalu kepikiran bapak. Bapak bagaimana makan siangnya yaaa 😒 Sesekali saya pulang ke rumah pas jam istrahat, ngelihat kondisi bapak di rumah gimana, apalagi bapak tipe yang gak bisa beli makan diluar, karena memang kami gak terbiasa beli makan diluar, selalu memasak, apalagi sayur dan lauk yang masih panas baru dimasak itulah yang biasa kami makan, makanya saya jadi kepikiran banget. Ternyata bapak di rumah sedang didapur, memasak, walaupun itu pemandangan biasa aja sih sebenernya, karena sesekali bapak juga suka terjun ke dapur memasak, tapi tetap saja hatiku basah, rasanya mau nangis mulu ngelihat bapak sendirian memasak di dapur😭 

Bapak, tinggal satu-satunya orangtua yang kupunya, saya yang LDR sebulan aja sama mas suami selalu nangis-nangis kadang, apalagi Bapak yang ditinggal selamanya sama mama😭😭😭

Itulah kenapa akhirnya saya memutuskan untuk resign dari kerjaan disini, karena pikiran selalu di rumah, disamping juga emang ngerasain udah capek kerja, senin sampai sabtu, pagi sampai sore, terikat banget sama waktu, gak bisa kemana-mana, gak bisa ke kondangan dll, yang dalam waktu lama, gak bisa bergerak, jadi capek, jadi stress, maka yaudahlah saya di rumah aja, memasak, beberes rumah, istrahat, bisa tidur siang, hihi πŸ˜…

Sebagaimana saya ingin ketika meninggal nanti, insya Allah ada orang-orang terkasih yang mendampingi, entah bapak, suami, anak-anak, dll, yang bersedia men-talqin-kan, dengan sabar dan ikhlas, sehingga nanti siap bertemu Rabb Alam Semesta ini, begitu pula saya mengikhlaskan hati, pikiran, dan raga ini mendampingi Bapak, berbakti sama bapak, hingga akhir hayat insya Allah, aamiinn...

Karena ketika sakaratul maut itu bener-bener peristiwa yang sangat besar, dan saya sudah menyaksikan sendiri bagaimana ketika mama pergi, bagaimana ketika sakaratul maul menghampiri, melihat satu persatu setiap hari orang-orang di ICU meninggal, atmosfer ketegangan, selimut duka, bener-bener rasanya baru kemarin, makanya butuh banget orang yang sakaratul maut itu didampingin, dipastikan bisa mengucap kalimat syahadat, dzikir-dzikir. Kayak gitu :"

Semoga mama husnul khotimah, dan di sayang sama Allah, aamiinn :"

in picture, kakaknya mamah dan sepupunya mamah, acara bawa ringgit (tunangan)



Komentar

Posting Komentar