Journey to become a mother : Bag. 2

Februari 2023, sudah meniatkan diri untuk lebih bersungguh-sunggu promil ke dokter. Berhubung berada di kota kecil, Kendari, yang walaupun kota tapi fasilitas kesehatan sungguh sangat jauh dari cukup, misalnya saja untuk promil ini. Satu-satunya klinik fertilitas yang lengkap fasilitas promil dan dokter Obgyn Sub Spesialis Fertilitas dan Dokter Andrologi cuma ada di Makassar saja, tepatnya di Klinik Fertitilas Morula Makassar, yang juga merupakan cabang dari Morula Jakarta.
Jadi, mengawali tahun 2023, memasuki tahun ke-4 pernikahan, niatnya hendak berangkat ke Morula Makassar. Sudah tanya-tanya juga dengan adminnya, berapa biaya untuk promil Inseminasi dan Bayi Tabung. Sudah ikuti juga akun Morula Makassar di Instagram, sebagai penyemangat melihat banyak yang berhasil disitu. 
Setelah chat dengan adminnya, lalu disarankan untuk datang hari ke-2 menstruasi agar terlihat lebih jelas sel telurnya. Sambil menunggu datangnya masa menstruasi dibulan itu, ternyata ada info dari Morula Makassar bahwa akan diadakan seminar tentang fertilitas, roadshow dibeberapa kota Sulawesi dan Kalimantan, salahsatunya di Kendari. Wah, saya excited bgt tentunya. Lalu datanglah saya di acara seminar roadshow itu. Saat itu dari Morula Makassar ada dokter Nusra Sub Spesialis Obgyn K.Fer. sebagai pembicaranya. Selain Dokter Nusra, ada juga dokter Suhartini Spesialis Obgyn. Nah, dokter Suhartini ini lah kuncinya dari semua perjalanan promilku.

Masya Allah, kalo di ingat-ingat kembali, seperti sudah dirancang betul sama Allah ini kisah.
Karena yang tadinya minggu depan saya sudah bersiap-siap mau berangkat ke Makassar, sudah cek-cek juga tiket, qadarullah-nya di minggu sebelumnya tiba-tiba ada acara seminar itu, dan saat kesana, baru tahulah saya sama dokter Suhartini Sp.OG yang praktek di RS Hati Mulia di Kendari, dan ternyatanya lagi RS ini sudah kerjasama dengan Morula Makassar untuk promil Inseminasinya sejak tahun 2022. Yaampun, kemana aja yaa saya selama ini di Kendari.. betul-betul mainku emang kurang jauh, hiks. Soalnya RS Hati Mulia memang bs dibilang kurang terkenal, dibandingkan dengan rekanan kantor saya yaitu RS Hermina. Jadi saya taunya di Kendari itu cuma RS Hermina aja, RS yang lain kurang paham, dan jarang dilewati juga karna tidak berada dipusat kota juga.
Jadilah, minggu depannya yang harusnya saya terbang ke Makassar pas hari ke-2 mens, malah pergilah saya ke RS Hati Mulia untuk konsul promil ke dokter Tini.
Ohiya, FYI, sebelumnya saya juga sudah cari-cari info dokter Obgyn di Kendari yang bisa promil inseminasi, di RS Hermina, RS Tiara, dan RS lainnya yang lumayan banyak orang kantor kesana, tapi gak ada promil Insem nya, paling hanya dengan obat-obatan saja, sedangkan ditahun 2022 saya sudah pernah juga promil berdamping dokter di RS Tiara selama 3 bulan dengan obat-obatan tapi belum berhasil, dan pemeriksaannya juga kurang lengkap, makanya saya tertarik untuk langsung mencoba promil Insem saja di Morula Makassar. Dan kemudian tahu di RS dokter Tini bisa promil Insem, dan punya alat-alatnya, wah kayaknya emang kudu dicoba bgt nih, mumpung dekat juga motoran kesana dari rumah sekitaran 20 menit.

Nah, pada saat saya konsul ke dokter Tini, saya dengan santainya datang sendiri, lalu ditanyain dong sama dokternya mana suaminya๐Ÿ˜… Soalnya pengalaman bgt promil dengan dokter Obgyn yang lain, gak pernah ditanyain mana suaminya, malah istrinya aja yang selalu disuruh masuk periksa.
First impression konsul sama dokter Tini, dalam hati, wah kayaknya dokternya bagus nih karena peduli juga sama case di suami, tidak hanya pada istri saja. Pada saat konsul juga saya langsung bilang mau coba promil Insem.
Singkat cerita, setelah diperiksa USG TV, hasilnya alhamdulillah oke kata dokternya. Lalu disuruh datang berikutnya lagi bersama dengan suami, dan untuk maju ke tahap insem, harus di hidrotubasi dulu, dan suami di cek sperm nya dulu, alhamdulillahnya di RS itu ada Laboratorium untuk bisa cek sperm jadi gak perlu ke prodia lagi. FYI, di kendari cuma di prodia yang bisa cek sperm, cukup miriskan untuk fasilitas kesehatan disini. Hiks..

Oke cerita selanjutnya di Bag.3 yaa..

Saat berangkat konsul pertamakali seorang diri๐Ÿ˜…



Komentar